Cara Menghindari Efek Buruk Pembelian Susu Botol

Loading...

Beberapa ibu memberikan susu dalam botol agar membuat nyaman pada saat akan beristirahat. Namun, salah satu kerusakan gigi yang sering terjadi pada bayi karena akibat minum susu botol sambil tidur. Hal ini terkait dengan gigi depan yang sangat berperan dalam menggigit puting botol.

efek-buruk-botol-susu

Selain dapat mengganggu kesehatan gigi pada bayi Anda, menyusui bayi sambil tidur menggunakan botol akan menyebabkan infeksi telinga pada telinga bayi Anda. Ini dapat disebabkan karena pemilihan dot bayi kurang tepat, ketika dot bayi mengeluarkan cairan susu bayi namun bayi Anda berhenti mengisap hal ini akan menghasilkan cairan mengisi rongga di telinga bagian tengah.

Akumulasi cairan di telinga bayi akan mengakibatkan munculnya infeksi bakteri dan juga cairan yang terakumulasi di belakang gendang telinga akan menyebabkan gangguan pada pendengaran anak Anda.

Dalam mengatasi kebiasaan minum susu sambil berbaring pada bayi, Anda harus melakukan beberapa kebiasaan bayi untuk meninggalkan kebiasaan ini.

Berikut ini merupakan cara menghindari efek buruk pembelian susu botol :

Menggendong bayi saat menggunakan botol susu
Pada bayi di bawah enam bulan harus Anda menggendongnya ketika Anda memberikan susu menggunakan botol. Hal ini dimaksudkan agar posisi kepala bayi lebih tinggi dari perut dan meminimalkan risiko tersedak pada bayi. Jika bayi Anda telah menghabiskan susu sementara bayi masih mengisap dot sebaiknya Anda melepaskan botol dengan perlahan. Anda dapat melakukan dengan menyelipkan jari kelingking Anda ke dalam mulut bayi dan menariknya perlahan-lahan.

Memberikan Susu Sebelum Bedtime
Anda bisa memberikan kebiasaan minum susu untuk bayi Anda sebelum tidur. Jika Anda melakukan hal ini dapat menjadi kebiasaan yang baik bagi bayi Anda. Selain itu jika bayi Anda berusia di atas 6 bulan Anda dapat menyelinginya dengan jus buah yang sehat untuk mengurangi konsumsi susu botol.

Memberikan Air Putih
Bagi Anda yang telah memiliki bayi berusia di atas enam bulan, Anda dapat memberikan sebotol air ke bayi Anda untuk membersihkan gigi anak Anda. Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah untuk memberikan ASI ke dalam botol susu dan kemudian setelah anak Anda habis meminum susunya, Anda dapat mengisi botol susu dengan air untuk membersihkan gigi anak Anda.

Merawat gigi anak
Tidak cukup hanya memberikan jadwal susu sebelum bayi Anda tertidur. Pada bayi baru tumbuh gigi, Anda dapat mengurus dengan membersihkan giginya dengan kain lembut atau kain kasa. Sementara bayi sudah mulai tumbuh gigi, Anda dapat menggunakan sikat gigi lembut untuk menjaga kesehatan gigi anak Anda. Anda juga harus membiasakan bayi Anda untuk merawat gigi dengan teratur.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =

%d bloggers like this: