Manfaat USG 4D Bagi Kehamilan

Loading...

Kehadiran teknologi ultrasound telah membantu banyak dokter kandungan dalam menjaga kehamilan yang dapat membahayakan kesehatan janin. Dengan teknologi ultrasound akan membantu dalam mendeteksi segala penyakit lebih awal. Sekarang, pengembangan USG tidak hanya gambar hitam dan putih (2D), tetapi memiliki gambar yang lebih hidup (4D).

usg

Kehadiran 4D merupakan pelengkap dalam pengembangan teknologi ultrasound untuk merekam gerakan janin dalam kandungan. Pada dasarnya kemampuan USG 4D akan sama dengan kemampuan USG 3D adalah bacaan yang lebih akurat dari gerakan janin. Dengan menggunakan ultrasound 4D juga dapat mengidentifikasi kelainan janin hingga 85%.

Berikut ini adalah manfaat USG 4D Bagi Kehamilan :

Identifikasi Janin Kesehatan Lebih Akurat
Pada usia 11-14 minggu kehamilan, USG 4D dapat mengidentifikasi kelainan hingga 85% sebagai kelainan pada kromosom, down syndrome atau deteksi dini kelainan jantung bawaan.

Pada 18-22 minggu dalam kehamilan telah mampu mendeteksi kelainan pada kelainan struktural janin, sedangkan pada usia 28-32 minggu telah mampu mendeteksi kelainan pada kelainan pertumbuhan janin, plasenta, tali pusat, profil biofisik, jumlah cairan ketuban, kelainan plasenta, dan kelainan organ janin untuk diidentifikasi secara akurat.

Gerakan Janin Dengan Detail
Kelebihan yang dimiliki oleh USG 4D mampu melihat gerakan janin seperti mampu menyedot jempol, memukul, menendang sehingga dengan kemampuan ini akan memberikan informasi lebih lanjut tentang keadaan janin dan dapat mengamati perilaku janin. Hal ini dapat membuat Anda merasa seperti gerakan janin nyata yang telah hadir di dunia.

Bisa di Simpan Sebagai Film
Keuntungan dari 4D mampu menyimpan gerakan atau penampilan janin dalam database komputer yang dapat diputar kembali seperti melihat film, bahkan salinan dapat disimpan dalam flash dan juga CD. Ini adalah pilihan terbaik dalam melakukan USG 4D.

Meskipun dianggap memiliki kelebihan dalam melakukan USG 4D tapi beberapa kekurangan seperti posisi janin yang akurat, janin sedang berubah, dan juga sulit untuk mengamati organ bagian depan.

Pengamatan tidak bisa menghasilkan bentuk wajah, tangan dan keadaan dinding perut serta dada. Selain itu biaya mahal dibandingkan dengan USG umumnya yang dilakukan menyebabkan USG 4D belum banyak di lakukan masyarakat.

Umumnya, setelah melakukan pemeriksaan USG akan diberikan kondisi penjelasan tentang janin, apakah keadaan normal atau abnormal. Dalam etika medis yang ada, dokter harus memiliki sertifikat kompetensi di bidangnya yang dikeluarkan oleh WHO. Jadi ketika Anda akan melakukan USG harus lakukan pada dokter yang memiliki sertifikat di bidang USG.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + nineteen =

%d bloggers like this: