Tips Agar Anak Tidak Berbicara Kasar

Loading...

Perilaku anak berani mengatakan kata-kata kasar, dapat diperoleh sebagai bentuk imitasi dari lingkungan. Imitasi atau menyalin adalah hal yang normal yang terjadi pada anak-anak, terutama balita. Imitasi juga merupakan bagian dari cara belajar yang penting pada anak-anak, terutama untuk anak-anak usia 2 sampai 3 tahun.

anak-berbicara-kasar

Berikut ini merupakan tips agar anak tidak berbicara kasar :

Jangan Biarkan Perilaku Buruk Anak Meningkat
Ketika Anda pertama kali mendengar anak Anda mengatakan kata-kata kasar seharusnya tidak terkejut dengan reaksi yang berlebihan. Ini dapat dianggap sebagai suatu hal yang menarik ketika Anda melihat ekspresi sehingga pada akhirnya akan menjadi lelucon yang lucu untuk anak. Namun, jangan juga dengan memarahi langsung anak dan memberikan hukuman tiba-tiba.

Ketika anak melempar kata-kata kasar, memberikan tindakan tegas pada mereka dan jangan biarkan hal itu menjadi kebiasaan buruk yang akan membekas di dalam diri mereka. Jika anak masih terus melakukan hal yang sama bahkan ketika Anda memberi mereka peringatan, Anda dapat mencoba hal yang akan membuat mereka merasa jera dan tidak mengulanginya.

Jangan di buat lelucon
Ketika Anda bermain dengan anak-anak dan membuat mereka marah, dan dengan secara otomatis frustrasi diungkapkan melalui kata-kata kasar, memang sering dicap sebagai ekspresi lucu yang sering membuat ingin tertawa. Tapi bagaimanapun, itu bukan sesuatu yang dapat digunakan untuk bercandaan. Ketika seorang anak melempar kata-kata kasar, sesuatu yang bahkan ketika Anda sedang bercanda dan bermain dengan mereka.

Sebaliknya, berikan tindakan tegas dan menunjukkan anak bahwa ini tidak sesuai dengan keinginan Anda dan tidak terpuji untuk dilakukan. Dengan cara ini, mereka akan memahami konsekuensi dari hal-hal buruk yang mereka lakukan dan diharapkan bahwa mereka tidak akan mengulangi.

Jangan dibiarkan dengan lingkungan yang kasar
Pada saat anak – anak memilih teman, tidak berarti bahwa orang tua tidak diperbolehkan untuk menyaring dan memilih lingkungan untuk anak-anak mereka. Sangat penting untuk menyaring lingkungan anak, mengingat lingkungan menjadi salah satu sumber terbesar yang akan menentukan kepribadian dan karakter anak.

Pada saat Anda menemukan anak-anak bermain dengan anak-anak yang cenderung kasar dan bahkan bertindak sopan kepada orang lain, maka jangan ragu untuk mengasingkan anak dari lingkungan seperti itu. Karena itu semata-mata untuk kepentingan anak di masa depan.

Jangan Tegur Semua Keburukan Anak Sekaligus
Ketika anak melakukan hal tersebut sebaiknya Anda menegur mereka dengan kesalahan mereka hanya pada saat itu. Kadang-kadang, Anda akan memarahi anak-anak mereka dan sering menyinggung beberapa keburukan dan kesalahan yang mereka lakukan di masa lalu. Hal ini akan lebih membuat marah anak lebih memuncak dan berbalik melawan Anda dengan kata – kata yang tidak pantas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 16 =

%d bloggers like this: