Pola Mengasuh Anak Bagi Ibu Yang Bekerja

Loading...

Peran orang tua memiliki andil yang besar dalam hal menentukan karakter seorang anak yang harus telah diarahkan sejak anak masih usia dini. Hal ini mencakup hal-hal seperti disiplin, memonitorkan, berkomunikasi yang tepat sesuai dengan perkembangan mereka sehingga anak-anak dapat merasakan pengasuhan yang diberikan kepadanya dengan baik.

pola-asuh-anak

Dengan tidak adanya bimbingan dari orang tua menciptakan rasa ingin tahu dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru dalam hidup tidak akan terkontrol dengan baik. Jadi jangan heran jika saat ini Anda jumpai berbagai penyimpangan yang dilakukan norma anak di bawah umur yang usia mereka seharusnya tidak mereka alami.

Berikut ini merupakan pola mengasuh anak bagi ibu yang bekerja :

Mengurangi Kemanjaan
Tindakan Anda sering tidak bisa menemani sebagian besar waktu anak dan tidak bisa berada di samping mereka setiap kali mereka membutuhkan Anda, akan sering membuat Anda merasa bersalah dan memilih untuk menebusnya dengan mengabulkan semua keinginan anak, bahkan hal-hal yang mereka tidak perlu bahkan mudah Anda berikan.

Tapi dengan menyediakan fasilitas mewah dan barang-barang berharga untuk memenuhi kebutuhan anak-anak, tidak membuat mereka berkembang dengan lebih baik. Sebaliknya, dengan selalu memberi dan keinginan anak akan membuat anak Anda menjadi lebih manja dan menginginkan semua yang mereka inginkan dipenuhi.

Demokratis
Pengasuhan demokratis akan menciptakan keseimbangan antara hak dan kewajiban orang tua dan anak-anak. Dalam posisi ini pengasuhan orangtua adalah pemegang tertinggi dan pembuatan peraturan yang diberlakukan secara tegas pertaturan dan menerapkan sanksi bagi setiap pelanggaran. Namun, hubungan antara orang tua dan anak-anak masih terjalin dengan hangat dan harmonis sambil memberikan ruang bagi anak-anak dapat menyuasakan aspiprasi dan mengeksplorasi secara bebas.

Dengan menciptakan gaya pengasuhan ini, Anda sebagai orangtua untuk dapat melaksanakan tugas-tugas dengan sebaik-baiknya sehingga hak-hak Anda akan diperoleh dengan tidak ada tekanan. Begitu juga dengan anak-anak Anda, hal ini akan dapat mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab atas apa yang telah mereka lakukan.

Mengahabiskan waktu yang berkualitas
Seringkali pekerjaan yang menumpuk dan waktu yang terbatas membuatnya sulit untuk bisa bermain dengan Anda, bahkan tidak jarang anak ingin bertemu dan berbicara dengan Anda ketika pekerjaan jam masih berlangsung. Namun, pada saat liburan datang, Anda sering merasa lelah dan ingin memanfaatkan waktu liburan untuk dapat bersantai di rumah dan lebih memilih untuk menyewa jasa pengasuh untuk kegiatan istirahat rumah.

Tapi sebenarnya hal ini salah, dengan melakukan hal ini Anda memberikan jarak dengan anak Anda. Untuk itu, cobalah untuk mengambil waktu dan memanfaatkan waktu liburan untuk bercengrama dengan buah hati tercinta. Setelah satu minggu penuh anak Anda pasti akan merasa kehilangan, sebaiknya Anda menghabiskan waktu dengan anak – anak Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − fourteen =

%d bloggers like this: