Manfaat Madu Untuk Ibu Menyusui

Loading...

Madu adalah senyawa dari kombinasi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Perlu diingat bahwa karbohidrat yang terkandung di madu adalah senyawa fruktosa dari glukosa. Hal ini menyebabkan madu lebih bermanfaat dari bahan makanan yang mudah dicerna karena mengandung glukosa.

madu-1

Namun, Karena kandungan fruktosanya, ada beberapa orang yang alergi terhadap madu. Sehingga perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memiliki alergi terhadap fruktosa atau tidak. Ada juga senyawa seperti chrysin, pinobanksin, pinocembrin, katalase, vitamin C yang merupakan senyawa antioksidan.

Senyawa antioksidan adalah senyawa yang dapat memutus rantai radikal bebas dalam tubuh Anda. Radikal bebas merupakan zat yang  berbahaya yang memicu timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh. Oleh karena itu, kehadiran antioksidan sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, termasuk kanker.

Berikut ini merupakan manfaat madu untuk ibu menyusui :

Memulihkan Rahim
Setelah melalui serangkaian proses kehamilan dan persalinan, kondisi di dalam rahim seorang wanita membutuhkan waktu untuk kembali ke keadaan semula. Meskipun tubuh setiap ibu yang menyusui juga telah diproduksi hormon oksitosin yang berperan dalam kontraksi yang berguna untuk mengembalikan bentuk rahim, tapi tak ada salahnya pula bila Anda menggunakan madu untuk mempercepat proses tersebut.

Menurut sebuah penelitian di Jepang, vitamin dan antibiotik dalam madu mampu mempercepat proses pembersihan dan pemulihan rahim. Di Indonesia sendiri, banyak ibu pasca melahirkan yang menggunakan ramuan ini.

Antibodi Ibu dan Bayi
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, madu mengandung banyak senyawa antioksidan dan antibiotik (antibakteri). Yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang dapat dikonsumsi oleh ibu dan di berikan pada bayi yang menyusui.

Antibiotik mungkin juga menghindari infeksi pada wanita yang baru saja melahirkan, terutama bagi ibu yang melahirkan melalui operasi caesar. Jika Anda melahirkan di rumah sakit umum, harus juga diwaspadai terjadinya infeksi nosokomial (infeksi yang diperoleh setelah berada di rumah sakit). Karena rumah sakit adalah tempat pertemuan bagi berbagai jenis bakteri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati dalam melindungi diri Anda dan bayi.

Memperlancar produksi ASI
ASI adalah makanan yang pertama yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi. Tidak peduli sebagus apapun rumus kontemporer, ASI adalah yang terbaik. ASI yang keluar di saat-saat pertama setelah kelahiran disebut kolostrum, perlu Anda ketahui bahwa kolostrum sangat baik untuk kesehatan bayi.

Namun banyak ibu yang mengeluhkan produksi ASI yang dimilikinya sangat sedikit. Kendala ini adalah umum pada wanita yang baru saja melahirkan. Madu merupakan minuman yang dapat memfasilitasi produksi ASI. Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur untuk dapat merasakan manfaatnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =

%d bloggers like this: