Bahaya Kerokan Pada Ibu Hamil

Loading...

Dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil, wanita hamil lebih sering merasa nyeri atau memiliki masalah kesehatan lainnya yang lebih sering. Hal ini karena tubuh ibu hamil lebih rentan terhadap penyakit karena perubahan hormon dalam tubuh. Tidak hanya itu, tetapi pertumbuhan janin dalam rahim juga mempengaruhi kesehatan ibu dan stamina setiap hari. Salah satu jenis penyakit yang dapat menyerang siapa saja, termasuk wanita hamil adalah masuk angin.

bahaya-kerokan-pada-ibu-hami

Jika Anda memiliki penyakit ini, banyak orang yang memilih kerokan sebagai solusi pemulihannya. Sayangnya kerokan memiliki bahaya bagi wanita hamil. Meskipun kerokan adalah cara yang ampuh untuk menyembuhkan masalah masuk angin, tetapi sebenarnya untuk ibu hamil, kerokan dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan diri dan janin yang di kandung.

Berikut ini merupakan bahaya kerokan bagi ibu hamil :

Kontraksi Dini
Kerokan dapat menyebabkan peradangan. Jika wanita mengalami peradangan, tubuh akan bereaksi untuk menolaknya. Dalam hal ini para mediator anti-inflamasi akan melepaskan zat yang disebut sitokin dalam bentuk sel-sel yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Sitokin zat akan memicu pelepasan prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim ibu hamil. Inilah sebabnya mengapa kerokan harus dihindari selama kehamilan.

Terkena Virus atau Bakteri
Ketika Anda mengeluarkan angin dengan cara kerokan, maka pori-pori akan terbuka karena gesekan antara benda tumpul atau karena kulit tubuh terkikis. Ketika pori-pori tubuh melebar, maka angin dapat dengan mudah masuk melalui pori-pori dan bisa saja angin yang masuk ke tubuh membawa virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Kelahiran Bayi Prematur
Kerokan berdampak negatif pada wanita hamil adalah bayi lahir prematur. Ketika intensitas kerokan sering dilakukan maka kontraksi awal juga akan menjadi lebih sering. Jika sudah demikian maka janin dapat merespon dengan pertumbuhan yang abnormal. Inilah sebabnya mengapa kerokan bisa meningkatkan peluang bayi lahir di tidak normal atau prematur.

Bahaya Kerokan
Bagi Anda yang sering melakukan kerokan akan mengikis kulit dan biasanya akan ketagihan untuk melakukan lagi dan lagi. Terutama jika Anda merasa kurang sehat dengan tubuh Anda, kemudian kerokan akan menjadi solusi. Perlu diingat ketika pada saat kulit terkikis maka pori-pori akan melebar sehingga akan menjadi lebih banyak virus dan bakteri yang masuk.

Memang kerokan adalah salah cara yang tegolong ampuh mengobati masuk angin selain itu lebih mudah dan pastinya lebih murah. Anda tidak perlu meminta resep dokter untuk melakukannya karena kerokan bisa dilakukan dengan meminta bantuan dari orang-orang yang tidak berpengalaman atau bahkan Anda bisa melakukannya sendiri. Namun demikian, Anda harus khawatir tentang dampak negatif yang disebabkan oleh kerokan terutama untuk Anda yang sedang hamil.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − eleven =

%d bloggers like this: