Perubahan Tubuh Menjelang Melahirkan

Loading...

Selama kehamilan tubuh Anda akan mengalami banyak perubahan, tubuh juga akan menyesuaikan kondisi tubuh Anda yang membesar. Perubahan tubuh mulai dari perubahan kulit, rambut, hingga payudara dan perubahan tubuh lainnya. Demikian juga, ketika Anda akan segera melahirkan. Tentu, beberapa minggu kehamilan, tubuh Anda akan juga mengalami perubahan untuk mempersiapkan kelahiran bayi Anda.

perubahan-tubuh-menjelang-melahirkan

Berikut ini merupakan perubahan tubuh menjelang melahirkan :

Kontraksi Braxton Hicks

Hal ini juga disebut kontraksi palsu atau mulas. Hal ini terjadi pada akhir trimester kedua (bulan 6) hal ini biasanya terjadi sebagai mekanisme untuk kelahiran. Kontraksi ini muncul tanpa nyeri pada persalinan, waktu munculnya sekitar satu menit. Kontraksi yang terjadi biasanya memiliki jarak atau interval yang teratur. Kontraksi yang terjadi sebelum proses persalinan akan membuat rahim menjadi matang.

Jika Anda mengalami kontraksi Braxton Hicks siang hari dan tampak akan melahirkan, cobalah untuk berjalan. Jika kontraksi terjadi di malam hari, cobalah untuk tidur karena Anda perlu banyak istirahat sebelum melahirkan.

Penurunan janin
Semakin dekat waktu melahirkan, janin akan semakin turun ke panggul (pelvis). Biasanya Anda dapat merasakan penurunan janin, karena lebih terasa lebih berat dan terasa tidak nyaman di rongga panggul. Selain itu, Anda akan lebih sering buang air kecil.

Ketika janin turun, hal yang dikenal sebagai puncak rahim (fundus) Anda akan berkurang. Tinggi fundus diukur dari bagian atas tulang pinggul ke atas rahim. Ketinggian berkurang dari fundus dimulai pada 20 minggu. Jika ini terjadi, dokter akan melakukan tes untuk mengukur belakang rongga panggul Anda, apakah janin bisa di lahirkan dengan normal atau tidak.

Pemendekan mulut rahim
Dalam keadaan normal, leher rahim akan menutup untuk menjaga kehamilan dan mempertahankan janin. Serviks berbentuk seperti tabung yang terbuat dari bahan tebal dan berserat (disebut kolagen) sepanjang 3 cm, yang pada saat kelahiran akan menipis, dan terbuka.

Pembukaan
Leher rahim juga mulai membuka (membesar). Demikian pula, penipisan, hal ini kadang-kadang terjadi sebelum waktu melahirkan. Pembukaan dan penipisan serviks dapat diidentifikasi dengan pemeriksaan, tetapi waktu yang tepat untuk  Anda melahirkan tidak dapat diketahui dengan pasti.

Tanda-tanda lain
Seminggu sebelum kelahiran, ada beberapa tanda-tanda lain yang muncul. Tanda-tanda termasuk kontraksi Braxton Hicks yang lebih menyakitkan, janin semakin turun ke panggul, nyeri pinggang lebih parah, lebih sering buang air kecil, rasa sakit di vagina, dan nyeri punggung. Tepatnya saat persalinan dimulai, tubuh mengeluarkan hormon yang disebut prostaglandin yang menyebabkan rahim berkontraksi. Pada saat yang sama namun jarang terjadi, kadang-kadang usus besar juga ikut berkontraksi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five − one =

%d bloggers like this: