Cara Yang Salah Menghadapi Anak Susah Makan

Loading...

Sangat sulit untuk anak untuk tidak pilih-pilih makan dan tentunya mengkonsumsi makanan sehat harus dilakukan sejak dini. Karena pembelajaran dilakukan saat usia dini akan memiliki efek pada perkembangan masa depan anak.

anak-susah-makan

Mengajarkan anak untuk ingin makan buah diklasifikasikan sebagai cara sederhana untuk hidup sehat. Hanya saja berbeda dari konsumsi sayuran, banyak orang tua mengeluh anak-anak mereka sulit untuk mengkonsumsi sayuran. Setelah seorang anak malas makan sayuran, mereka dapat menjadi tidak ingin untuk konsumsi sayuran hijau, bahkan sebelum mereka mencobanya.

Oleh karena itu orang tua juga harus secara intensif melakukan upaya agar anak mau makan makanan yang sehat dan bergizi. Untuk alasan ini, sebaiknya Anda menghindari beberapa kesalahan dalam menangani anak-anak yang sulit untuk makan.

Berikut ini merupakan cara yang salah dalam menghadapi anak susah makan :

Jangan Hanya Menyajikan Makanan yang Disukai Anak
Hanya menyajikan makanan yang disukai oleh anak-anak tanpa menghadirkan makanan lain, hanya akan membuat anak cenderung menjadi pemilih pada saat makan. Sebaliknya, Anda menggabungkan makanan yang kurang disukai dengan makanan favoritnya, seperti mencampurkan daging dengan sayuran. Tapi jangan terlalu banyak campuran jika anak hanya bisa untuk makan beberapa hidangan yang disajikan piring.

Jangan Memberikan Makan Anak Sambil Berjalan
Sebaiknya Anda memberikan makanan dan minuman pada saat anak Anda meminta makanan, namun sebaiknya juga sesuai dengan aturan makan dengan cara duduk. Ada baiknya jika Anda memberikan cairan bukan hanya iar putih saja, sebaiknya Anda memberikan susu secara teratur dua kali dalam 1 hari, selain itu Anda juga dapat memberikan jus yang sehat.

Anda dapat menentukan jadwal waktu untuk sarapan, makanan ringan di tengah pagi, makan siang, snack sore, makan malam hingga makanan ringan sebelum tidur. Perut anak yang berkapastias kecil tidak dapat memuat makanan dalam satu waktu maka dari itu sebaiknya Anda memberikan makanan secara bertahap.

Untuk alasan ini, sebaiknya anak-anak untuk makan makanan di atas meja sambil duduk, bukan menemani anak makan sambil bermain dan berjalan-jalan.

Jangan Memaksa
Anak-anak secara alami akan menolak apa yang dipaksakan pada mereka. Dan bernegosiasi dengan anak hanya akan membuat Anda dan anak berdebat. Sebuah studi menjelaskan bahwa anak-anak secara alami akan makan makanan pada saat mereka menikmatinya. Jadi, jangan bersikeras memaksa anak mencicipi makanan yang tidak menarik. Sebaliknya, tawarkan makanan dan memberikan penjelasan tentang makanan tersebut sampai anak tertarik untuk mencobanya.

Mengajar anak yang sulit makan untuk meyantap makanan sangat penting. Maka dari itu sebaiknya Anda harus mengetahui cara mengatasi anak yang susah makan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + twelve =

%d bloggers like this: