Tips Agar Anak Mau Tidur di Kamarnya Sendiri

Loading...

Jika Anda sudah menjadi orang tua, kadang-kadang Anda akan merasa  mencapai sebuah prestasi pada saat Anda telah berhasil membuat anak Anda tertidur sepanjang malam terlebih lagi jika mereka tidur di kamaranya sendiri.

agar-anak-tidur-sendiri

Untuk sementara, mungkin tampak baik-baik saja selama anak Anda masih kecil. Namun, pada satu waktu, Anda akan perlu kamar tidur untuk anak Anda sendiri dan sebaiknya Anda mengajarkan anak untuk tidur di tempat tidur mereka sendiri. Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan tidur anak-anak yang sebelumnya selalu bersama orang tuanya. Kesabaran diperlukan dan pemahaman yang tinggi baik dari orang tua dan anak-anak.

Berikut adalah beberapa tips agar anak mau tidur di kamarnya sendiri :

Mencari tahu Alasan
Cari tahu alasan mengapa anak Anda ingin tidur di tempat Anda. Ada banyak alasan mengapa mereka melakukan hal itu dan mencari tahu tentang ini bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Anda dapat melakukan ini dengan mulai mencari tahu tentang hal-hal yang lebih umum.

Contohnya saja, apakah mereka takut hal-hal yang mungkin muncul ketika malam tiba, apakah mereka cemburu pada saudara yang lebih kecil dan ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan perhatian lebih, apakah suara-suara yang muncul mengganggu tidur mereka, ataupun kamar mereka terlalu gelap dan mereka membutuhkan lebih banyak cahaya ketika malam tiba. Jika Anda sudah tahu penyebabnya, segera menindaklanjuti dan mencari solusi agar menjadikannya untuk tidur di karmarnya sendiri.

Ritual Tidur
Membuat ritual tidur. Beberapa anak-anak perlu ditenangkan perlahan sebelum memintanya untuk tidur di kamar yang terpisah. Kadang-kadang anak Anda akan tetap kembali ke kamar Anda setelah Anda melakukan ritual tertentu seperti. Contohnya Anda dapat mengajaknya mandi dan membaca cerita atau menyanyikan sebuah lagu sebelum tidur. Upaya ini bisa membuat mereka menyadari bahwa itu adalah waktu tidur dan pikiran mereka telah dikondisikan untuk itu.

Perlindungan Untuk Anak

Berikan anak Anda beberapa “perlindungan” untuk membantu mereka sepanjang malam. Beberapa anak mungkin berperilaku lebih baik ketika mereka tahu ada perlindungan yang ada. Misalnya, Anda dapat menggunakan beberapa boneka besar yang dapat digunakan sebagai teman mereka saat tidur.

Cahaya
Tambahkan cahaya ke kamar mereka. Hal ini dapat digunakan terhadap teror malam bagi mereka. Bagi beberapa anak, kegelapan dapat membuat ruang tidur mereka menjadi sangat menyeramkan. Dan dengan cahaya di ruangan dapat membuat ruangan menjadi lebih nyaman kembali untuk mereka.

Sabar
Usaha Anda mungkin tidak akan berhasil pada malam pertama. Untuk membuat anak Anda tertidur di kamar mereka sendiri mungkin tidak mudah daripada yang Anda bayangkan. Terus melakukan upaya yang telah Anda coba sebelumnya,hal ini akan membuat anak lama – kelamaan terbiasa tidur sendiri.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 7 =

%d bloggers like this: