Tips Mengatasi Nyeri Saat Melahirkan

Loading...

Melahirkan adalah serangkaian tahapan yang berlangsung langkah demi langkah. Dimulai dengan kontraski, perdarahan, diikuti oleh ruptur dan berakhir dengan kelahiran bayi yang berada beberapa bulan dalam rahim ibu. Hal ini tentunya akan memberikan kebahagian sekaligus rasa yang tidak akan pernah terlupakan bagi Anda yang telah menjadi seorang ibu.

tips-mengatasi-nyeri-saat-melahirkan-1

Pada tahap persalinan, kontraksi dari tanda-tanda awal yang menandakan kelahiran akan segera tiba. Kontraksi ini mulai di bagian atas rahim, yang mengarah ke jalan lahir. Kondisi kontraksi akan lebih panjang dan lebih kuat dan akan menjadi jarak yang lebih pendek antara kontraksi dengan kontraksi selanjutnya jika mendekati waktu kelahiran. Contohnya adalah jika ada darah yang keluar dari jalan lahir. Yang mana kondisi ini disertai nyeri yang berlangsung cukup lama sampai waktu kelahiran tiba.

Berikut ini merupakan tips mengatasi nyeri saat melahirkan :

Kompres
Anda dapat mengompres punggung di bagian bawah dengan menggunakan air hangat antara kontraksi. Di mana tindakan ini dimaksudkan untuk memperluas dan memperlancar peredaran darah, sehingga rasa sakit bisa dikurangi.

Pengalih Perhatian
Cobalah untuk mengalihkan perhatian sehingga ibu tidak fokus pada rasa sakit yang terasa seperti bernyanyi atau berbicara ketika rasa sakit muncul. Anda juga dapat berjalan kaki untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan selama masa kontraksi. Ini tidak terlalu sulit dan tidak akan membuang banyak tenaga yang Anda miliki.

Buang Air Kecil
Buang air kecil sesering mungkin. Hanya saja hal itu harus diimbangi dengan asupan cairan ke dalam tubuh ibu. Buang air kecil dapat membantu kepala bayi ke arah panggul dengan baik dan menjaga ritme kontraksi persalinan.

Pijat
Meminta keluarga atau suami untuk memijat punggung di bagian bawah. Minyak aromaterapi yang lembut dan menenangkan untuk memijat dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit. Namun hal ini juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan body lotion.

Mengatur Pernafasan
Sebaiknya Anda mengatur nafas yang baik. Biasanya ibu dalam masa persalinan merasa begitu panik dan sulit untuk mengatur napasnya dengan benar. Namun jika Anda mengatur napas akan lebih baik dapat mengurangi rasa sakit yang terasa. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi rasa panik.

Mayoritas wanita hamil yang akan segera melahirkan beberapa dari mereka ada yang mampu menahan rasa sakit sampai pembukaan jalan lahir cukup lebar. Hal inilah yang mengharuskan ibu hamil memiliki pengetahuan tentang tanda ibu akan melahirkan.

Tapi ada juga ibu hamil yang tidak bisa menahan rasa sakit yang menyebabkan banyaknya hal yang tidak diinginkan timbul. Nyeri saat melahirkan dapat dipicu karena beberapa faktor namun kesemuanya itu merupakan tahapan yang harus dilewati oleh ibu hamil.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + 5 =

%d bloggers like this: