Bahaya Berhubungan Intim Saat Haid


Banyak peneliti mengklaim bahwa seks pada saat wanita mengalami menstruasi masih bisa dilakukan. Namun, penelitian lebih lanjut menemukan bahwa hubungan seksual selama menstruasi mengundang risiko lebih dari penyakit dan kesehatan lainnya dan lebih banyak mengakibatkan masalah daripada manfaat yang bisa diperoleh. Oleh karena itu, mari kita simak bahaya yang mungkin timbul dari hubungan ini.

bahaya-berhubungan-intim-saat-haid-1

Berikut ini merupakan bahaya berhubungan intim saat haid :

Kehamilan
Bagi Anda yang dalam upaya untuk menunda kehamilan, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual saat sedang menstruasi. Ada beberapa kasus di mana periode menstruasi dapat berlangsung selama lebih dari satu minggu dan proses ovulasi yang terjadi bersamaan dengan pada saat menstruasi.

Jika tidak, maka dapat dikatakan Anda berada dalam masa subur dan cukup potensial untuk hamil ketika berhubungan seks. Selain itu, sperma pada pria bisa bertahan hingga 3-5 hari dan semakin memperbesar peluang Anda untuk hamil.

Risiko Infeksi Penyakit Seksual
Selama periode menstruasi, leher rahim akan cenderung lebih terbuka hal ini yang membuat darah mengalir keluar dan hal ini akan meningkatkan lebih lanjut risiko infeksi menular seksual yang ditularkan melalui virus yang masuk. Selain itu, cairan atau lendir keluar dari rahim juga bisa menjadi sumber penyebaran penyakit menular seksual yang berbahaya, seperti HIV.

Jamur
Pada dasarnya, periode menstruasi adalah masa berisiko bagi wanita untuk terkena berbagai infeksi genital. Umumnya, pH normal vagina perempuan adalah antara 3,8 dan 4,5. Namun, pada saat menstruasi, pH akan meningkat dan menyebabkan jamur mudah untuk muncul dan berkembang biak lebih cepat.

Gejala jamur vagina lebih mungkin terjadi biasanya seminggu sebelum menstruasi atau mungkin timbul sebagai akibat dari hubungan seksual yang dilakukan selama menstruasi.

Infeksi Saluran Kemih
Sebuah penelitian juga menunjukkan kecenderungan bagi perempuan untuk mengalami infeksi saluran kemih setelah hubungan seksual saat menstruasi berlangsung. Hal ini karena saat menstruasi, bakteri lebih mudah untuk menyebarkan dan bersarang di kandung kemih. Hal ini diperburuk jika wanita untuk melakukan hubungan intim saat menstruasi itu.

Peningkatan Pendarahan Saat Menstruasi
Penelitian yang dilakukan menemukan hubungan antara perdarahan yang berlebihan sebagai akibat dari hubungan seksual dilakukan saat masa menstruasi. Hal ini terutama berlaku untuk wanita yang akan memasuki masa menopause. 83% berdarah sangat banyak karena melakukan hubungan intim saat menstruasi.

Bahkan kebanyakan dokter setuju hubungan yang dilakukan selama menstruasi wanita menjelang menopause merupakan penyebab utama tidak pengangkatan rahim dan organ reproduksi akibat perdarahan yang berlebihan yang terjadi.

Risiko Endometriosis
Endometriosis adalah gangguan dalam sistem reproduksi wanita yang timbul ketika jaringan endometrium (lapisan dalam dinding rahim) tumbuh di luar rongga rahim. Dengan kata lain, darah yang harus keluar tertahan di luar dinding rahim dan menebal menyebabkan iritasi. Hal ini diperburuk jika wanita melakukan hubungan seksual pada saat menstruasi.

Gejala Endometriosi paling umum dikenal adalah sakit yang luar biasa saat menstruasi. Selain itu, pendarahan juga keluar lebih serta rasa sakit yang timbul dari usus besar dan kecil. Oleh karena itu, jika Anda perhatikan hal-hal ini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan biasanya dilakukan dengan terapi hormon, dan mengkonsumsi pereda nyeri atau mengangkat jaringan endometriosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =

%d bloggers like this: