Manfaat Pare Untuk Ibu Menyusui

Loading...

Sebagai seorang ibu, Anda sudah sepantasnya untuk  memberikan yang terbaik bagi putra dan putri Anda. Tak heran jika ibu bersedia untuk makan makanan dan minuman yang telah dianggap memenuhi gizi. Belum lagi suplemen makanan yang kini mulai banyak beredar di pasaran. Namun jika Anda merasa suplemen produk untuk ibu hamil dan menyusui yang banyak beredar tidak aman, maka solusinya adalah untuk melengkapi konsumsi bahan-bahan alami, membuat sendiri berbagai makanan dan minuman.

Manfaat Pare Untuk Ibu Menyusui

Pare dikenal sebagai sayuran pahit dengan bentuk seperti mentimun namun keriput di bagian kulit. Di Indonesia, pare dapat tumbuh subur dan Anda dapat menemukannya dengan mudah di pasar.

Berikut ini merupakan manfaat pare untuk ibu menyusui :

Meningkatkan ASI
Kebanyakan wanita mengalami  masalah untuk memproduksi ASI. Tentu saja hal ini harus diatasi untuk memenuhi kebutuhan dasar bayi dan menjaga kesehatan mereka. Ibu menyusui tentu harus untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nilai gizi serta lengkap sesuai dengan pedoman 4 Sehat 5 Sempurna. Selain itu, sebaiknya tambahkan pare untuk di konsumsi agar kuantitas ASI semakin melimpah.

Anda bisa mengakali proses pare dalam bentuk hidangan makanan yang akan menyamarkan rasa pahit seperti tumis. Tapi ingat, jangan memasak terlalu matang hal  ini akan mengakibatkan zat yang terkandung akan hilang karena proses pemanasan. Konsumsi secara teratur akan membuat kualitas susu menjadi lebih kental dan bayi akan menjadi lebih cepat kenyang.

Anti kanker
Manfaat lain yang Anda akan mendapatkan dari teratur mengkonsumsi pare selama menyusui (atau tidak) adalah penurunan risiko kanker. Pare dikenal sebagai salah satu sayuran yang berfungsi sebagai anti-kanker dalam tubuh. Sebuah studi yang dilakukan bahkan menyatakan bahwa ekstrak dari sayuran pahit dikenal untuk memperlambat reproduksi sel-sel kanker untuk menginduksi apotosis atau dalam bahasa awam berarti untuk membunuh sel-sel kanker.

Penelitian lain juga menunjukkan hasil positif yang secara rutin pare konsumsi berpotensi mengurangi risiko pengembangan kanker seperti kanker serviks dan kanker payudara yang mengancam perempuan.

Menurunkan kadar gula darah
Kebanyakan wanita yang memiliki riwayat diabetes mellitus harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, karena nutrisi dalam makanan juga akan dikonsumsi oleh anak melalui ASI. Pare bisa menjadi pilihan yang tepat pada saat anda menyusui.

Kandungan alkaloid dalam pare charmitin dan secara aktif mempengaruhi dalam rangka untuk menurunkan kadar gula darah menjadi lebih stabil. Penurunan insulin juga dapat dikontrol dengan konsumsi pare secara teratur karena penggunaan gula dalam tubuh menjadi lebih terorganisir.

Namun perlu diingat bahwa pare tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi dengan obat yang sama berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah karena dapat menurunkan insulin dan akan mengakibatkan kekurangan gula dalam darah.

Sumber Serat untuk Sistem Pencernaan
Diare menjadi salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh beberapa ibu menyusui. Jangan sampai Anda menjadi orang berikutnya yang harus berurusan dengan kesehatan. Namun ibu menyusui tidak boleh kekurangan cairan hal ini untuk menjaga kandungan susu dengan nutrisi yang tepat untuk bayi. Selain diare, ibu menyusui juga rentan terhadap wasir. Untuk mengatasi hal ini, konsumsi pare sangat tepat.

Mengatasi Flu
Meskipun pahit, pare diketahui mengandung vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Vitamin C dalam pare bisa mencapai 84 mg per 100 gram. Ini adalah antioksidan alami dalam pare yang dapat Anda gunakan sebagai perisai dari berbagai penyakit dan radikal bebas, terutama dengan penyakit yang sering menyerang yakni flu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =

%d bloggers like this: