Faktor Penyebab Menstruasi Datang Terlambat

Loading...

Jika Anda memiliki catatan jadwal menstruasi yang mundur atau terlambat haid atau akhir periode (bukan haid atau menstruasi yang tidak teratur biasa) dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Banyak hal yang dapat menjadi faktor yang menjadi penyebab telatnya menstruasi.

Faktor Penyebab Menstruasi Datang Terlambat

Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab telah menstruasi :

Hormon
Hormon menjadi salah satu penyebab menstruasi tidak lancar. Sebenarnya keterlambatan haid atau menstruasi tidak perlu di khawatirkan secara berlebihan, karena merupakan hal yang umum. Salah satunya karena ketidakseimbangan hormonal atau debit yang tidak teratur. Terutama di hari-hari awal, perempuan mendapatkan menstruasinya. Kelenjar otak yang mengatur sekresi hormon tidak stabil menstruasi jadi tidak teratur pendarahan juga.

Faktor Obesitas
Tingkat obesitas seseorang juga mempengaruhi siklus menstruasi. Wanita yang tubuhnya gemuk akan memiliki lebih banyak lemak daripada wanita langsing atau terlalu gemuk. Lemak adalah apa yang akan digunakan untuk memproduksi hormon-hormon reproduksi. Jadi jika wanita mengalami keterlambatan haid mungkin karena lemak dalam tubuhnya terlalu gemuk.

Stres
Stres juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh dan penyebab terlambat menstruasi. Kondisi stres akan menyebabkan otak mengirimkan impuls kimia yang akan menyebabkan produksi hormon reproduksi diblokir, sehingga akan menyebabkan mundur dari jadwal menstruasi.

Kehamilan
Keterlambatan haid atau menstruasi juga dapat terjadi karena kehamilan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus mengingat bagaimana siklus menstruasi Anda. Anda dapat mengujinya menggunakan alat atau berkonsultasi dokter kandungan. Ditambah Anda juga harus memahami bagaimana ciri-ciri wanita hamil.

Faktor usia
Usia juga salah satu faktor yang bisa membuat siklus menstruasi terganggu. Pada masa remaja, banyak perubahan hormon tubuh manusia, sehingga membuat haid atau menstruasi tidak lancar dan tidak menentu. Demikian pula, pada awal menopause (wanita tidak lagi menstruasi), yaitu pada usia 45-55 tahun.

Pada awal menopause, tubuh juga mengalami masa perubahan hormonal lagi, mengakibatkan menstruasi yang tidak teratur dan sering terlambat. Sedangkan jika dalam masa menopause, wanita tidak bisa lagi menstruasi karena ovarium tidak dapat lagi menghasilkan sel telur.

Polycystic ovary (PCO)
Ovarium polikistik atau faktor PCO adalah ketika tubuh wanita memproduksi hormon testosteron lebih androgen dari hormon wanita, yaitu estrogen dan progesteron. Hal ini menyebabkan ovarium bisa menghasilkan telur yang sempurna, sehingga tidak terjadi proses ovulasi.

Jika ovulasi tidak terjadi, maka secara otomatis menstruasi tidak terjadi. Faktor ovarium polikistik dapat menyebabkan wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama, bahkan sampai berbulan – bulan. Kemungkinan yang lebih buruk adalah jika ovulasi tidak terjadi, maka wanita akan sulit untuk hamil.

Olahraga yang berlebihan
Latihan ini sangat baik untuk kesehatan. Namun jika Anda melakukan olahraga dengan sangat berat, misalnya gym berlebihan menstruasi mungkin akan sedikit terganggu. Hal ini akan menyebabkan tubuh kelelahan, hasilnya bisa bermacam – macam.

Bagi wanita, salah satu hasilnya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga akan memiliki keterlambatan menstruasi. Namun, jika Anda melakukan olahraga berlebihan, yang paling fatal adalah kematian. Sehingga wanita harus memahami berbagai tips olahraga yang baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + 1 =

%d bloggers like this: