8 Tips Membantu Anak Membuat PR

Loading...

Keberhasilan anak di sekolah sangat berhubungan dengan kepedulian orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak mereka. Salah satunya adalah melakukan pekerjaan rumah. Kepentingan orang tua untuk berpartisipasi secara aktif membantu, akan menunjukkan anak bahwa pekerjaan rumah mereka adalah hal yang penting.

Tips Membantu Anak Membuat PR

Membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah tentu saja tidak berarti menghabiskan berjam-jam ada di dekat anak. Membantu disini maksudnya adalah untuk mendukung anak-anak dengan menunjukkan kemampuan untuk belajar, menjelaskan bagi anak-anak, atau hanya mengingatkan anak Anda untuk beristirahat. Dalam membantu anak-anak pada pekerjaan rumahnya, orang tua perlu tahu porsi seberapa baik dari bantuan yang diberikan.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk membantu anak membuat PR :

Rumah Yang Nyaman
Pastikan bahwa ada perlengkapan pendukung belajar yang lengkap di rumah untuk melakukan pekerjaan rumah. Misalnya alat tulis, atau peralatan lain untuk membuat PR dalam bentuk keterampilan, seperti gunting, lem, dan sebagainya.

Jadwal Yang Rutin
Cari tahu waktu terbaik yang nyaman untuk anak-anak yang dapat membantunya dalam belajar atau melakukan pekerjaan rumah. Beberapa anak-anak akan merasa belajar terbaik adalah pada saat di sore hari, disertai dengan makanan ringan dan juga diselingi dengan bermain. Sementara beberapa anak yang lebih maksimal jika belajar setelah jam makan malam.

Membuat Rencana
Jika suatu saat anak menghadapi tugas berat, bantulah anak-anak untuk mengatur waktu dalam melakukan kegiatan rumahnya. Mungkin tidak akan selesai dalam semalam, membantu anak untuk merencanakan tugas yang dapat dilakukan sedikit demi sedikit selama beberapa hari dan diselingi dengan istirahat.

Meminimalkan Gangguan
Gangguan yang dapat ditimbulkan dari TV, musik keras, atau HP. Menjaga hal-hal ini tidak mengganggu anak dalam belajar atau melakukan pekerjaan rumah. Sebaiknya Anda menjauhkan anak dari ketiga hal tersebut, agar tidak menggangu proses belajar anak.

Melakukannya Sendiri
Orang tua dapat memberikan masukan dan arahan ketika anak dengan pekerjaan rumah, tapi seorang anak masih perlu belajar. Biarkan anak-anak untuk belajar dari kesalahan mereka, sementara orang tua hanya membantunya saja.

Menjadi motivator yang juga sebagai pengawas
Jika perlu, bertanya tentang tugas, kuis, atau tes guru di sekolah. Mendorong anak-anak untuk memeriksa pekerjaan rumah mereka dan memberikan diri Anda untuk menjawab pertanyaan yang mungkin timbul dari anak.

Menjadi contoh yang baik
Anak-anak biasanya akan meniru apa yang orang tua mereka lakukan daripada apa yang disarankan. Jika Anda ingin anak Anda untuk rajin, berikan contoh yang baik kepada anak-anak.

Puji Anak
Apabila anak Anda mendapatkan nilai yang bagus ataupun prestasi di sekolahnya sebaiknya Anda memberikan pujian, hal ini juga dapat Anda lakukan dengan cara memberikan hadiah jika Anak mendapatkan prestasi khusus di sekolahnya. Hal ini akan dapat membuat anak lebih bersemangat dalam belajarnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + one =

%d bloggers like this: