Cara Mencegah Kehamilan Tanpa Melakukan KB

Loading...

Kehamilan adalah saat yang sangat yang dinantikan untuk setiap wanita. Untuk pasangan sendiri, proses kehamilan merupakan momen yang akan membuat hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis. Namun sebaiknya setiap pasangan memikirkan dengan baik hal apa yang akan diberikan pada anak Anda nanti. Sebagai orang tua tentu saja kita harus berpikir tentang banyak faktor untuk mendukung masa depan anak – anak nanti.

Cara Mencegah Kehamilan Tanpa Melakukan KB

Kehamilan dan program pengendalian kelahiran atau apa yang dikenal sebagai keluarga berencana atau program KB yang sudah didorong pemerintah bertahun-tahun yang lalu. Beberapa orang berhasil mengikuti program ini dengan mengkonsumsi atau dengan menggunakan berbagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Namun ada beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehamilan tanpa melakukan KB.

Berikut ini merupakan beberapa cara mencegah kehamilan tanpa menggunakan KB :

Metode kalender (80% tingkat keberhasilan)
Cara mencegah kehamilan secara alami yang paling umum adalah metode kalender. Dengan metode kalender sangat tergantung pada perhitungan masa subur wanita menggunakan kalender. Masa subur seorang wanita dapat diketahui dengan mengurangkan 18 hari dari hari pertama menstruasi. Tahap ini adalah tahap untuk menentukan hari pertama masa subur.

Selanjutnya, untuk menentukan hari terakhir masa subur, Anda harus mengurangi 11 hari dari hari terakhir dari siklus menstruasi. Dengan hitungan tersebut maka seorang wanita dapat menentukan masa suburnya. Sehingga ia bisa menghindari hubungan suami istri ketika dia berada di masa subur untuk menghindari kehamilan.

Pengukuran Temperatur
Tahukah Anda jika suhu tubuh wanita akan turun ketika indung telur dilepaskan dari ovarium. Anda sebagai wanita yang dapat mengukur suhu tubuh ketika harus melakukan hubungan suami istri jika tidak ingin hamil. Untuk informasi, suhu tubuh wanita akan turun 12 jam sampai 24 jam sebelum telur dilepaskan dari ovarium. Tapi memang, penurunan suhu tubuh tidak terlalu signifikan, hanya satu derajat dari suhu tubuh normal. Kemudian, suhu tubuh akan meningkat lagi setelah telur dilepaskan.

Pemeriksaan Lendir
Metode lain yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan adalah dengan pemeriksaan lendir pada vagina. Lendir keluar sebagai reaksi atau respons terhadap hormon estrogen pada wanita. Lendir ini menyerupai putih telur mentah, dan jumlahnya akan sangat banyak hanya sebelum telur dilepaskan dari ovarium.

Pemeriksaan lendir ini dapat dilakukan dengan cara untuk melihat apakah ada lendir pada pakaian dalam Anda, atau juga dapat memeriksad engan menggosokkan jari di permukaan vagina. Jika ditemukan lendir, maka Anda dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan suami dan istri untuk setidaknya tiga hari setelah lendir pada vagina jika Anda tidak ingin hamil.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − four =

%d bloggers like this: