Cara Berkomunikasi Dengan Bayi yang Baru Lahir

Loading...

Menjadi orang tua memang menjadi dambban setiap orang, terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Kedatangan anggota keluarga baru dalam keluarga, dalam hal ini yang dimaksud adalah anak tentunya akan membuat Anda sebagai orang tua harus mempersiapkan tanggung jawab yang lebih. Menjalin komunikasi yang baik bahkan dengan anak yang baru lahir adalah salah satu tanggung jawab Anda.

Cara Berkomunikasi Dengan Bayi yang Baru Lahir

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa bayi yang baru lahirpun membutuhkan komunikasi yang baik. Banyak yang beranggapan jika bayi yang baru lahir belum dapat bekomunikasi sama sekali sehingga membuat para orang tua  hanya diam saja ketika bersama bayi mereka yang baru saja dilahirkan.

Berikut ini merupakan beberapa cara berkomunikasi dengan bayi yang baru lahir :

Tersenyum dengan penuh perhatian
Bayi memahami emosi yang Anda rasakan meskipun mereka tidak mengerti apa yang Anda katakan. Mereka juga dapat memahami arti dari sentuhan Anda. Ketika Anda mencoba untuk berkomunikasi dengan mereka, pasti mereka mencoba untuk menanggapi Anda dengan senyuman atau gerakan kecil. Berikan senyum Anda dengan saksama, maka mereka akan memberikan respon positif terhadap apa yang Anda lakukan.

Berbicara dengan bayi
Anda juga harus mulai berbicara dengan bayi yang baru lahir. Anda dapat mendorong mereka untuk berbicara seolah-olah mereka memahami dan akan menanggapi apa yang Anda bicarakan. Dengan cara ini, mereka akan dengan cepat mengingat dan dapat merasakan apa yang Anda katakan.

Sering berbicara dengan bayi Anda
Meskipun mereka tidak dapat melihat, bayi Anda dapat mendengar sejak lahir. Mereka begitu cinta dengan suara dengan suara orang tuanya terutama ibunya. Sering mengajak mereka untuk berbicara sangat baik untuk perkembangannya. Bahkan, Anda juga mulai memperkenalkan beberapa kata untuk bayi Anda.

Menyanyi dan Berdongeng
Sangat dianjurkan untuk terus memperhatikan anak di mulai dari usia 0 bulan. Hal ini tentunya dapat dilakukan dengan cara menyanyikan sebuah lagu sebelum anak Anda tertidur ataupun sambil memandikan dan mengajaknya bermain. Mendongeng juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk berkomunikasi dengan anak Anda sekalipun mereka baru lahir. Hal ini tentunya akan membuat kosakata yang anak Anda miliki lebih banyak di masa depan.

Bayi yang baru lahir sama halnya dengan anak lainnya, mereka perlu berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Komunikasi yang kurang lancar adalah salah satu penyebab anak menjadi cadel dalam waktu yang lama. Selain itu, dengan komunikasi yang kurang lancar dapat menyebabkan anak menjadi gagu karena mereka kurang mendengar orang tuanya berbicara. Jika hal ini telah terjadi ada baiknya jika Anda segera memeriksakan anak Anda ke dokter yang terpercaya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 8 =

%d bloggers like this: