Tips Mengajarkan Anak Membaca

Loading...

Banyak orang tua yang menjadi khawatir karena anak-anak mereka tidak suka membaca. Membaca buku merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika temanya menarik seperti cerita tentang petualangan. Jangan membuat membaca menjadi hal yang seperti dipaksakan pada anak Anda. Anda pun dapat membantu anak Anda menemukan buku-buku yang menarik.

Tips Mengajarkan Anak Membaca

Ketika anak-anak berada dalam masa transisi ke sekolah, membaca cenderung menjadi tugas yang berat. Pada saat ini dimana semua hal menjadi instan, orang tua sering gagal untuk lebih mengingat bahwa anak-anak perlu belajar membaca langkah demi langkah dalam proses yang tentunya akan membutuhkan waktu dan kesabaran, setiap anak akan menangkap konsep dengan kecepatannya sendiri. Sebagai orang tua Anda harus berperan agar anak Anda menjadi anak yang rajin dalam membaca.

Berikut ini merupakan beberapa tips mengajarkan anak membaca :

Fokus pada satu kalimat
Bagi kebanyakan anak, untuk menimbulkan minat membacanya bukan hanya dengan melihat kata – kata yang banyak di dalam satu halaman namun juga halaman buku yang memiki gambar akan lebih menarik untuk mereka baca. Gunakan kertas kosong untuk menutupi segala sesuatu kecuali kalimat yang telah dibaca. Setelah menyelesaikan beberapa kata pada kalimat sebelumnya, anak dapat melanjutkan ke bawah dan mengulangi proses ini.

Arahkan ke kata-kata
Dalam mendampingi anak membaca, Anda dapat membantunya dengan mengarahkan pensil ke setiap kata demi kata. Kegiatan ini membantu untuk anak melalui kemampuan visualnya. Sehingga kegiatan membaca pun dapat berjalan dengan menarik dan lancar.

Diskusikan apa yang dibaca
Setelah proses membaca selesai mintalah anak untuk menjelaskan apa yang baru saja mereka baca. Jika teks yang berkaitan dengan tes, bantulah mereka untuk menulis beberapa catatan agar mereka mudah mengingatnya. Teknik ini akan membantu mereka untuk mempertahankan apa yang telah dibacanya dan mengingatnya di hari berikutnya.

Berikan contoh
Semakin sering anak-anak membaca, semakin mereka tertarik untuk membaca. Bantulah anak Anda untuk membaca di rumah saat sedang santai, sehingga anak pun dapat berkembang menjadi anak yang kreatif dan bebas stres. Tinggalkan kertas di atas meja dan mengatakan bahwa Anda belum selesai membaca sebuah artikel, minta anak Anda untuk membaca sisanya.

Katakan kepada mereka untuk mengeja kata-kata jika anak Anda merasa tidak terlalu yakin. Saat memasak, biarkan anak Anda membaca buku resep yang Anda miliki. Saat berbelanja, biarkan mereka membaca brosur, label makanan, atau cara penggunaannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 8 =

%d bloggers like this: