Tata Krama yang Harus Dimiliki Anak

Loading...

Mengajarkan sopan santun pada anak bisa menjadi hal yang cukup sulit dilakukan oleh orang tua. Mengajarkan sopan santun tidak hanya akan membuat suasana rumah lebih terasa baik, tetapi juga akan membantu anak Anda untuk membuat teman-teman, memiliki perilaku yang baik di luar rumah dan jika mereka telah tumbuh dewasa akan membantu mereka bergaul di luar lingkungan rumah.

Tata Krama yang Harus Dimiliki Anak

Berikut adalah beberapa tata krama yang harus dimiliki anak :

Silahkan dan terima kasih
Mengatakan “tolong” dan “terima kasih” adalah etika yang paling penting harus orang tua ajarkan kepada anak-anaknya. Mulai dari sebelum anak dapat berbicara, anak-anak harus sering mendengar kata ini diucapkan. Ketika anak-anak mulai belajar berbicara, Anda dapat mengajarkan mereka untuk menggunakan kata-kata ini ketika mereka meminta dan juga menerima sesuatu. Selain itu, orang tua juga bisa mengajarkan anak-anak untuk mengatakan “sama-sama” atau “kembali kasih” ketika mereka menerima ucapan terima kasih dari seseorang.

Tidak menyela percakapan
Ajari anak untuk tidak mengganggu percakapan orang lain. Di sekolah, anak-anak diajarkan untuk mengangkat tangan mereka jika mereka ingin bertanya. Pendekatan yang sama juga dapat diterapkan di rumah. Ajarkan anak-anak untuk memberikan tanda ketika mereka ingin mengatakan sesuatu dan mengajarkan mereka menunggu untuk mendapatkan jawaban. Anak harus diajarkan untuk tidak mengganggu, tetapi orang tua juga harus berusaha untuk tidak mengabaikan anak Anda.

Minta maaf
Ketika Anda melakukan suatu kesalahan pada anak sebaiknya Anda meminta maaf. Mengatakan ‘maaf’ tidak berarti menunjukkan kelemahan, namun kekuatan. Seorang anak yang tidak pernah meminta maaf tidak akan memahami proses meminta maaf, ia kemungkinan akan menolak. Ini akan membuat perasaan orang lainnya lebih sakit.

Menyapa dan membuat kontak mata
Ajari anak untuk selalu menyapa ketika mereka bertemu dengan kerabat atau teman-teman. Jangan lupa untuk mengajarkan mereka untuk membuat kontak mata ketika berjabat tangan.

Berbagi dan bergiliran
Sulit bagi anak-anak untuk berbagi dan bergiliran, terutama jika melibatkan apa yang mereka inginkan. Berbagi dan bergantian bisa menjadi lebih mudah ketika anak memiliki kontrol atas apa yang terjadi pada barang-barangyang dimilikinya. Jika anak Anda menolak untuk bergantian dengan mainan tertentu, sebaiknya Anda memberikan pengertian kepada mereka.

Jangan ambil mainan dan memberikannya dengan memaksa kepada anak lain, itu akan menghambat kemurahan hati anak Anda dengan membuat mereka lebih protektif dengan apa yang dimilikinya. Yang paling penting adalah memuji anak-anak ketika mereka dapat berbagi dan bergiliran.

Saat Makan
Cara termudah untuk mengajar sopan santun di meja makan saat sedang makan dengan keluarga di meja makan secara teratur. Jika anak Anda terbiasa makan di depan televisi atau di mana pun, dia tidak akan memiliki banyak hal untuk menguasai tata krama di meja makan dengan baik. Ajarkan anak Anda bahwa memiliki sopan santun di meja makan. Salah satu cara untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa ada kepedulian dari anak untuk mereka.

Etika bertelepon
Jika anak akan menjawab telepon, mereka perlu tahu bagaimana untuk menjawab dengan benar. Di tempat kerja, etika telepon yang benar adalah suatu keharusan, dan sayangnya, banyak orang dewasa tidak berlatih etika saat menggunakan telepon yang baik. Ajarkan anak Anda untuk menyapa ketika mengangkat telepon dan bertanya dengan sopan dengan siapa penelepon ingin berbicara. Ajarkan anak-anak juga bagaimana untuk merekam pesan dan salam sebelum ia menutup telepon.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 19 =

%d bloggers like this: