Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Ditinggal Bekerja

Loading...

Untuk ibu yang bekerja, tentunya Anda akan lebih sering tidak bersama dengan anak Anda. Berpisah sebentar dengan anak akan membuat anak menangis karena merasa kehilangan ibunya. Berpisah cukup lama misalnya ketika ibu harus pergi bekerjamemang menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Terutama jika kedua belah pihak tidak siap untuk perpisahan dalam waktu yang cukup lama.

Tips Agar Anak Tidak Rewel Saat Ditinggal Bekerja

Jika Anda merasa sedih, ada kemungkinan bahwa anak Anda akan merasa sedih, jika berpisah karena pekerjaan tidak dapat dihindari, ibu harus mempersiapkan diri dan juga anak Anda sesegera mungkin. Ketika bayi merusia di bawah tiga tahun, dipisahkan dan dari ibunya selama beberapa jam mungkin tidak terlalu sulit karena biasanya pada usia ini perhatian bayi Anda masih mudah untuk dialihkan, tetapi ketika ia memiliki usia yang lebih ia mungkin merasa lebih takut atau tidak aman ketika dia tahu ibunya tidak ada didekatnya.

Berikut ini adalah beberapa tips agar anak tidak rewel saat ditinggal bekerja :

Senyum
Ketika Anda mulai untuk meninggalkan anak, sebaiknya Anda menunjukkan wajah dengan senyum yang tidak menunjukkan kesedihan karena anak dapat merasakan apa yang Anda rasakan. Yakinkan hati ibu bahwa anak akan baik-baik saja karena ditemani oleh seseorang yang dekat atau terpercaya.

Hanya Beberapa Jam
Katakan kepada anak Anda bahwa ibu akan pergi untuk sementara waktu dan akan segera kembali. Anak-anak berusia 3 tahun ke bawah biasanya tidak memahami konsep waktu sehingga tidak perlu menyampaikan bahwa ibu akan pergi selama beberapa jam. Anak paling takut jika ibunya tidak datang kembali, jika mereka percaya bahwa ibu akan kembali, biasanya mereka akan mengalihkan perhatianya di sisi lain.

Bertahap
Berpisahlah dengan anak secara bertahap, meninggalkan dia selama 1-2 jam dengan teman-teman atau keluarga Anda percaya. Meninggalkan bayi untuk waktu yang lama dapat menyebabkan rasa yang tiba-tiba kehilangan ibu dan pada saat ini biasanya anak mungkin sedikit trauma untuk tidak ingin ditinggal lagi.

Kesempatan
Setiap ada kesempatan usahakan untuk mengajak anak Anda untuk berbaur dengan rekan-rekan dan keluarga atau mengambil untuk bermain dan biarkan dia bermain sendiri tanpa ditemani. Cukup mengamati dari jarak yang cukup jauh untuk memastikan keselamatan.

Tingkatkan
Jika anak terbiasa untuk ditinggalkan sementara waktu, Anda dapat meningkatkan waktu berpisah dengan anak. Kadang-kadang jika anak ditinggal oleh ibunya dalam waktu yang cukup lama maka akan dapat membangun kemandirianya. Anak-anak yang selalu bersama dengan ibunya cenderung manja dan kurang mandiri.

Meninggalkan anak bersama pengasuh atau daycare
Luangkan waktu untuk mencari seorang pengasuh anak. Sebelum menerima seseorang untuk menemani bayi Anda, pastikan bahwa Anda telah benar-benar percaya pada orang tersebut dan merasa aman meninggalkan anak Anda dengan pengasuh barunya. Akan lebih baik jika anak disertai dengan keluarga atau teman dekat.

Jika ibu memilih tempat penitipan anak, pastikan ibu memilih tempat yang terjaga kebersihanya, aman untuk lingkungan baru anak – anak, dan mengamati apakah anak-anak yang berada disana tampak bahagia dan terlibat dalam kegiatan yang disediakan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − sixteen =

%d bloggers like this: