Makanan Pencegah Anak Sakit di Musim Hujan

Loading...

Selama musim hujan anak-anak akan rentan terhadap penyakit. Mulai dari sakit tenggorokan, batuk, pilek, demam, tifus dan juga demam berdarah. Kondisi itu tubuh yang kurang fit membuat antibodi anak menjadi lemah. Hal ini karena suhu rendah ditambah udara lembab yang membuat virus dan bakteri berkembang pesat.

Makanan Pencegah Anak Sakit di Musim Hujan

Pada saat musim hujan ini sangat penting bagi orang tua untuk lebih memperhatikan asupan makanan anak-anak dan aktivitas. Tentunya pada saat ini Anda harus menjaga kesehatan anak saat hujan terus menerus. Meningkatkan antibodi dan stamina anak-anak dapat dilakukan melalui pemberian nutrisi yang bergizi.

Menjaga pola makan yang teratur dan memperhatikan gizi dan nutrisi untuk bayi menjadi salah satu cara bagi anak-anak untuk tetap sehat selama musim hujan. Bahkan, anak-anak dapat diberi suplemen vitamin tambahan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berikut ini merupakan makanan pencegah anak sakit di musim hujan :

Salmon
Salmon dikenal sebagai makanan yang kaya omega-3. Selain itu, salmon juga mengandung vitamin A dan asam amino yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Tidak hanya itu, makan salmon pada musim hujan juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. Karena salmon mengandung nutrisi yang membantu penyerapan zat gula dalam tubuh sehingga tubuh tetap fit dan mampu mencegah penyakit bakteri. Anda dapat memberikan salmon sebagai menu favorit anak selama musim hujan.

Susu
Memberi ASI lebih sering terjadi selama musim hujan dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan kekebalan tubunya sehingga tidak mudah jatuh sakit. Untuk anak-anak berusia lebih dari dua tahun atau tidak menyusui, Anda harus tetap memberikan asupan susu setiap hari. Minum dua gelas susu sehari akan membantu anak Anda tetap sehat. Selain itu, jika susu yang diberi makan rendah lemak dengan kandungan tinggi vitamin D sangat baik untuk mencegah pilek.

Sayuran hijau
Sayuran hijau memiliki nutrisi tinggi untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan karena pada sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral. Agar kesehatan anak-anak masih terjadi selama musim hujan, sisipkan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kacang hijau, sawi dalam makanan yang anak konsumsi sehari – harinya.

Buah
Untuk menjaga anak-anak sehat selama musim hujan perbanyaklah menyediakan buah segar karena buah ini kaya akan vitamin. Berikan buah yang kaya vitamin C seperti jeruk, melon, kiwi, stroberi dan pepaya dalam makanan ringan yang sehat. Buah juga dapat dikonsumsi sebagai jus dan juga salad yang tentunya menyehatkan bagi anak Anda. Selain dijadikan jus dan salad, buah – buahan dapat Anda gunakan sebagai bahan dasar pembuat es krim yang tentunya sangat digemari oleh anak-anak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 2 =

%d bloggers like this: