Tips Mengatasi Rasa Mulas Saat Hamil

Loading...

Pada saat Anda mengandung di trimester terakhir, sering ibu merasa kondisi tubuh tidak nyaman seperti sering berkeringat, nyeri punggung, ketidaknyamanan saat tidur atau sakit maag lebih sering dirasakan. Dalam kondisi ini tentunya Anda akan terhambat aktivitasnya. Kehamilan merupakan anugrah yang harus dijaga namun tidak jarang wanita yang merasakan kesulitan pada masa ini, namun hal ini akan segera berakhir pada saat kelahiran bayi Anda.

Tips Mengatasi Rasa Mulas Saat Hamil

Sebaiknya pada saat menjelang melahirkan Anda tidak banyak melakukan kegiatan yang terlalu berat, karena hal ini juga dapat menjadi pemicu dimana timbulnya rasa mulas yang berlebihan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya.

Berikut ini merupakan beberapa tips mengatasi rasa mulas saat hamil :

Makan dengan porsi kecil tapi sering
Ahli diet di bidang nutrisi prenatal mengatakan makan yang berlebihan justru membuat perut lebih sakit. Oleh karena itu, selama kehamilan sebaiknya Anda menyisakan sedikit ruang di perut Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjaga makan dan melakukan diet normal tidak hanya mencegah mulas dalam jangka pendek tetapi juga menghindari tekanan perut lebih besar.

Daripada makan tiga kali sehari dalam jumah yang besar, lebih baik Anda makan enam kali sehari dengan porsi makan setengah cangkir. Hal ini sangat baik untuk Anda lakukan.

Makan Dengan Porsi Kecil Tapi Sering
Meskipun tidak ada patokan yang pasti makanan apa yang dilarang selama kehamilan, tetapi Anda harus menghindari makanan yang bisa memicu sakit maag seperti jeruk dan tomat, makanan berminyak, makanan pedas, cokelat, kopi, minuman ringan, dan alkohol.

Minuman Sehat
Mengkonsumsi minumah yang sehat memnag baik untuk kehamilan Anda. namun, jika Anda ingin asupan makanan padat, mengunyah perlahan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik. Bukan hanya makanan padat Anda juga dapat mengkonsumsi smoothies, milkshake, yoghurt, atau puding yang merupakan pilihan yang baik. Konsumsi makanan yang kaya protein seperti susu dan yoghurt juga baik untuk kesehatan janin yang sedang di kandung.

Cara Tidur Yang Baik
Untuk menghindari mulas tiba-tiba di malam hari, sebaiknya tiga jam sebelum tidur Anda tidak mengkonsumsi makanan. Selain itu, juga harus meningkatkan posisi kepala tempat tidur dan menempatkan bantal di bawah kaki. Hal ini berguna untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Suplemen Kalsium
Tidak dilarang jika Anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium yang telah diberikan dokter selama kehamilan. Namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya bersama-sama dengan vitamin prenatal. Karena hal ini dapat mengakibatkan terlalu banyak kalsium dapat memblokir penyerapan zat besi dan mengakibatkan anemia. Hindari antasid yang mengandung aluminium juga dapat menyebabkan sembelit.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 14 =

%d bloggers like this: