Tips Agar Tidur Anak Menjadi Lebih Berkualitas

Loading...

Tidur merupakan salah satu cara agar tubuh mendapatkan kembali kesegaran, bukan hanya orang dewasa yang dapat merasakan kelelahan, namun anak – anak juga dapat merasakan kelelahan yang sama. Pada usia ini anak – anak belum dapat mengungkapkan kelelahannya secara langsung, maka sebaiknya sebelum mereka menjadi rewel Anda membuat anak menjadi lebih nyaman.

Tips Agar Tidur Anak Menjadi Lebih Berkualitas

Seperti yang sudah kita ketahui, bayi 1-18 bulan usia membutuhkan sekitar 15 jam untuk tidur. Sementara itu, anak-anak lebih dari 18 bulan usia membutuhkan sekitar 8 sampai 9 jam sehari untuk tidur. Seringkali masalahnya adalah anak-anak usia 1-18 bulan rewel jika akan ditidurkan. Untuk dapat mengatasi hal ini sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips membuat tidur anak menjadi lebih berkualitas.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tidur anak menjadi lebih berkualitas :

Ibu Harus Rilex
Agar anak bisa tidur nyenyak, ia harus memiliki suasana yang tubuh rileks dan nyaman. Tapi yang lebih penting sebenarnya adalah sebuah kondisi ibu juga harus santai. Oleh karena itu, membuat suasana hati dan tubuh nyaman, misalnya mandi segar atau mengubah pakaian rumah yang nyaman sebelum waktu tidur anak Anda.

Jam Tidur Anak
Sedikit kebutuhan untuk tidur dapat dipenuhi, hal ini harus diperlukan untuk mengatur jam tidur anak. Menentukan jam tidur untuk anak dan juga selalu biasakan untuk melakukannya secara teratur. Jam tidur yang teratur akan membuat anak menjadi lebih segar dan bersemangat pada saat bangun tidur.

Suasana Kamar
Anda harus teratur dalam menentukan jam tidur anak. Membantu dan membuatnya mudah bagi Anda untuk membuat anak Anda terlelap, membawanya ke kamar dan mengubah suasana. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, akan sangat membantu anak untuk tertidur dengan mudah. “Sebagai contoh, masih ada satu di sore hari dan matahari masih cerah. Pergilah ke ruangan, mematikan lampu, tutup tirai jendela sehingga suasana ruang sehingga menjadi gelap seperti malam.

Hal ini berguna untuk bersantai. Kemudian, nyalakan kipas angin atau AC agar anak merasa nyaman. Anda juga dapat memutar lagu yang menenangkan anak serta membuatnya merasa nyaman dan mudah untuk tertidur atau bernyanyi lagu pengantar tidur seperti lagu nina bobo.

Boneka
Agar anak menjadi sedikit merasa lebih aman dan nyaman, berilah mereka sebuah objek untuk dipeluk atau dipegang saat tidur. Guling, bantal, selimut, sampai boneka merupakan beberapa barang yang dapat diberikan pada anak untuk temannya. Karena dengan memegang dan memeluk benda-benda ini, anak akan merasa lebih aman ketika tidur. Ketika mereka merasa aman, mereka akan tertidur dengan nyenyak. Dijamin, tidurnya pun akan berkualitas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =

%d bloggers like this: