Jenis-Jenis Tangisan Bayi

Loading...

Bayi umumnya menangis sekitar satu sampai tiga jam per hari. Dengan usia bayi Anda, kebutuhan untuk mencari perhatian melalui menangis akan berkurang karena ia mulai belajar kontak mata, tersenyum, dan membuat suara. Kelaparan adalah yang paling sering membuatnya menangis, tapi bagaimana Anda tahu apakah anak Anda menangis karena lapar. Ada beberapa alasan mengapa bayi menangis dan Anda perlu mempelajari semua jenisnya.

Jenis-Jenis Tangisan Bayi

Berikut merupakan jenis-jenis tangisan bayi :

Tangisan lapar
Semakin kecil usia bayi semakin sering dia lapar. Perut bayi masih terlalu kecil untuk bisa mencerna banyak susu sehingga ia sering merasa lapar karena tidak bisa mengkonsumsi susu terlalu banyak. Ketika tangisan lapar bayi umumnya akan lebih sulit dan berlangsung lebih lama. Teriakan akan terdengar seperti “neh” panjang dan ada jeda saat bayi mengambil napas untuk melanjutkannya dengan menangis.

Tangisan Lelah
Tangisan lelah bayi terdengar merintih, meratap, serta sedikit melengking. Efek suara “wah-wah” kadang-kadang membuat bayi bergetar sedikit atau menggigil. Jika bayi terlalu merasa kelelahan akan membuatnya sulit untuk beristirahat, maka dari itu sebaiknya Anda memberikan waktu tidur yang cukup untuk bayi Anda.

Tangisan Ingin Bersendawa
Menangis umumnya berbunyi “eh” panjang. Ketika gelembung udara bersarang di dada bayi, ia akan mencoba untuk menghilangkannya. Sehingga ketika suara menangis akan terdengar seperti “eh”. Memegang bayi Anda dan tepuk punggungnya untuk membantu bayi bernapas udara dengan mudah.

Tangisan Tidak Nyaman
Tangisan ini berarti bahwa bayi Anda merasa tidak nyaman, mungkin basah popok, gatal, atau kegerahan. Menangis biasanya bersuara “heh” bernada dengan napas yang seperti sedikit tersedak. Pada saat seperti ini tentunya tubuh bayi Anda menjadi sangat tidak nyaman, sebaiknya Anda menyelesaikan tangisan jenis ini dengan tidak menggunakan rasa khawatir yang berlebihan.

Tangisan Tidak Enak Perut
Bayi akan menangis saat bayi ingin buang gas. Ketika bayi Anda tidak bisa bersendawa maka udara akan bergerak ke dalam sistem pencernaan anak. Biasanya ketika menangis, bayi Anda akan mengangkat kakinya. Hal ini bertujuan untuk membuang gas yang ada dalam perutnya, jika anak terus menerus seperti ini sebaiknya Anda menggunakan minyak telon untuk diusapkan pada bagian perutnya, dapat juga Anda berikan pijatan lembut untuk memberikan rasa nyaman.

Hal ini belum banyak diteliti namun masih banyak bayi yang mengeluarkan lebih banyak suara yang belum dapat dijelaskan. Bahasa bayi memang sulit untuk dijelaskan namun hal ini tentunya dapat memberikan beberapa manfaat bagi Anda yang baru menjadi ibu untuk dapat mengerti tangisan bayi Anda. Sebaiknya pada saat Anda mendengar bayi menangis Anda tidak perlu cepat panik, bisa saja pada saat ini bayi hanya memerlukan pelukan Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

%d bloggers like this: