Gejala Tumbuh Gigi Pada Bayi

Loading...

Bagi Anda yang baru memiliki anak, masih banyak yang tidak tahu pasti tentang gejala tumbuh gigi pada bayi, karena ada beberapa tanda-tanda dan ciri-ciri yang sedikit akan mengganggu kesehatan bayi pada saat mereka tumbuh gigi. Sebaiknya Anda tidak panik dan lebih penting untuk Anda yang mengetahui gejala tumbuh gigi bayi secara alami.

Gejala Tumbuh Gigi pada Bayi

Biasanya, gigi bayi akan tumbuh pada 8 bulan atau 1 tahun. Dan tumbuh gigi pada bayi akan ada gejala yang membuat bayi menjadi kurang nyaman, biasanya pada saat ini bayi menjadi sangat sensitif dengan lingkungan sekitarnya.

Berikut ini adalah beberapa gejala tumbuh gigi pada bayi :

Sulit tidur di malam hari
Merasa sakit pada saat akan tumbuh gigi, bayi merasa tidak nyaman di setiap kegiatan, terutama dapat membuat tidak mereka menjadi tidak nyaman ketika akan tidur. Rasa sakit di gusi karena pertumbuhan gigi akan dapat membuat bayi sulit untuk tidur di malam hari. Biasanya, banyak ibu yang mengatasi dengan menyusuinya. Tapi kadang-kadang hal ini juga dapat membuatya sakit akibat gesekan antara puting dan gusi bayi.

Demam ringan
Bayi tumbuh gigi menyebabkan demam, sakit seperti demam pada bayi juga bisa menjadi tanda bayi tumbuh gigi. Gejala gigi bayi sering disalahpahami oleh orang tua sehingga panik berlebihan saat dia demam yang merupakan gejala dari penyakit parah. Sedangkan demam ringan dapat menyembuhkan dirinya sendiri ketika fase gigi semakin lanjut. Ketika bayi sudah tumbuh gigi, maka kekebalanya akan menurun dan rentan terhadap penyakit. Tapi tidak perlu khawatir karena sistem kekebalan tubuh bayi akan kembali normal setelahnya.

Menolak ketika diberi makanan dan ASI
Biasanya, bayi rewel karena merasa lapar. Jadi ibu akan memberinya makanan atau ASI. Tapi ketika akan tumbuh gigi, bayi akan menolak ketika diberi makan atau disusui karena rasa nyeri di gusi.

Mudah marah
Ekspresi marah pada bayi akan mudah terjadi ketika ia merasakan nyeri akan tumbuh gigi. Kondisi mulut kurang sehat ini akan membuatnya jadi rewel dan mudah marah. Beberapa anak-anak ini biasanya akan mengalaminya hingga beberapa hari.

Sering menggigit saat disusui
Hal ini dapat terjadi karena ia merasa kesemutan pada gusi akibat gigi yang akan tumbuh. Ketika Anda memberi makan bayi, dan dia menggigit puting Anda maka ini adalah tanda bayi mengalami pertumbuhan gigi. Tekanan oleh gigi menyembul dari bawah gusi bisa membuat dia ingin menggigit sesuatu di sekitarnya. Ketika ia menyusu, ia akan menggigit puting ibunya.

Batuk
Selain demam ringan, kadang-kadang bayi juga memiliki batuk batuk. Air liur terlalu banyak dapat membuat batuk bayi Anda sendiri dan sering muntah. Hal ini terjadi karena batuk disebabkan oleh terlalu banyak air liur. Jadi jangan takut berlebihan saat bayi menderita batuk seperti ini. Namun, jika batuk terus berlanjut, mungkin anak Anda telah batuk dengan virus atau bakteri dan segeralah periksakan ke dokter.

Ruam di wajah dan dagu
Ketika bayi tumbuh gigi, kadang-kadang juga memunculkan tanda-tanda seperti ruam pada wajah dan dagu. Kulit di daerah mulut akan sangat mudah kering dan pecah-pecah.

Perdarahan di bawah gusi
Gejala dan tanda-tanda tumbuh gigi pada bayi yang sudah jelas bahwa pendarahan pada gusi bawah. Pendarahan ringan sering membuat orang tua khawatir. Meskipun gejala-gejala ini tidak perlu khawatir karena akan menyembuhkan dirinya sendiri ketika gigi tumbuh.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − 3 =

%d bloggers like this: