Fungsi Gigi Susu Anak

Loading...

Gigi susu adalah gigi sementara anak yang akan menjadi tanggal dan digantikan oleh gigi permanen. Tidak ada gigi susu atau gigi awal yang menyebutnya peran penting bagi perkembangan rahang dan erupsi gigi permanen atau pada pertumbuhan. Biasanya anak-anak memiliki 20 gigi susu terdiri dari 10 gigi rahang atas dan 10 gigi pada rahang bawah.

Fungsi Gigi Susu Anak

Gigi susu diharapkan tumbuh lengkap pada usia 2 tahun. Kadang-kadang, pada beberapa bayi yang bahkan belum menginjak usia enam bulan telah memiliki gigi yang sudah mulai tumbuh, atau ada juga anak sudah menginjak satu tahun giginya belum tumbuh sama sekali. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan gigi, misalnya nutrisi, hormon, atau faktor keturunan (genetika). Selain itu, gigi susu anak juga juga memiliki beberapa manfaat bagi anak.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi gigi susu anak :

Membantu pertumbuhan gigi permanen
Gigi susu harus dipertahankan selama mungkin sampai tiba waktunya untuk tanggal, karena gigi ini akan memberikan ruang untuk gigi permanen yang akan tumbuh kemudian. Gigi permanen akan memiliki total lebih dari gigi susu dan ukuran yang lebih besar. Pencabutan terlalu dini akan menyebabkan posisi yang buruk untuk tumbuhnya gigi susu yang sedang berlangsung. Akibatnya, gigi tetap atau permanen yang akan tumbuh akan tidak diberikan ruang yang cukup dan akan tumbuh gigi permanen dengan posisi yang kurang tepat.

Sebagai alat pengunyah
Sebagian besar anak-anak yang sakit gigi akan malas untuk mengunyah makanan. Hal ini berdampak pada kebutuhan kebutuhan gizi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, maka dari itu sangat baik jika Anda menjaga kesehatan gigi pada anak dari mulai gigi susu tumbuh.

Gigi kecantikan
Anak-anak yang memiliki gigi utuh akan terlihat cantik atau tampan. Yang perlu digaris bawahi adalah beban psikologis anak, namun hal ini akan berbanding terbalik jika anak memiliki gigi yang kurang baik dan bahkan ketika teman-teman mongolok ngolok sebagai “ompong” yang terkadang menjadi beban bagi anak.

Gigi sebagai fungsi bicara
Gigi juga memainkan peran dalam pengucapan huruf tertentu seperti F, V, S, Z, T. Ketika gigi depan hilang atau rusak, pengucapan beberapa huruf akan kurang tepat. Akibatnya anak akan sedikit cadel pada saat giginya tanggal. Maka dari itu sebaiknya mulai dari sekarang Anda mulai menjaga kesehatan mulut dan gigi anak Anda. Bukan hanya itu saja, pertumbuhan serta perkembangan anak juga dapat diperoleh dengan baik apabila anak memiliki mulut dan gigi yang sehat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =

%d bloggers like this: