Hal Penting Agar Anak Nyaman Belajar Di Rumah

Loading...

Anak-anak membutuhkan suasana rumah yang hangat dan nyaman untuk belajar, didukung oleh fasilitas sesuai dengan kebutuhan mereka. Jangan lupa, cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dapat mempengaruhi belajar anak di rumah dan fokus atau tidak. Anak-anak perlu diperhatikan, berkonsultasi, dihargai pendapatnya, dan tentunya melihat orang tua mereka menghormati satu sama lain.

Hal Penting Agar Anak Nyaman Belajar Di Rumah

Karena jika rumah penuh dengan pertengkaran orang tua, misalnya suasana tegang dan mengancam akan mempengaruhi anak dan membuat sulit untuk belajar. Ada sistem limbik (otak emosional) yang memproses emosi dalam diri anak. Jika proses emosi yang tidak menyenangkan, damai, bahagia, penuh cinta, maka akan lebih mudah bagi otak untuk memproses semua data, informasi, intelijen.

Berikut ini adalah beberapa hal penting agar anak nyaman belajar di rumah :

Usia Anak
Salah satu hap yang perlu diperhatikan agar anak lebih nyaman saat belajar adalah dengan menemaninya pada saat belajar. Namun hal ini juga tergantung usia anak Anda, jika anak Anda merupakan anak yang baru masuk taman kanak – kanak sebaiknya Anda selalu mendampinginya pada saat belajar karena pada usia ini anak belum mengerti benar apa makna dari PR yang diberikan dari sekolahnya. Sedangkan jika anak Anda berusia lebih tua sebaiknya Anda lebih membuat anak menjadi mandiri agar anak nantinya terbiasa mengerjakan PRnya sendiri.

Anak Harus Mandiri
Hal ini tidak selalu berhubungan dengan usia. Jika anak Anda berusia lebih muda ada yang sangat mandiri namun bukan berarti anak yang berusia lebih tua tidak sangat bergantung pada Anda. Jika dalam setiap kegiatan lain dia sudah cukup mandiri, maka dia bisa dibebaskan sedikit demi sedikit untuk belajar sendiri. Sesekali sebaliknya kita harus bisa memberinya kesempatan untuk menyelesaikan tugas sendiri.

Jika anak-anak terlalu bergantung pada orang tua mereka, maka Anda harus memeriksa diri sendiri, seberapa jauh Anda menemaninya untuk belajar. Jangan-jangan pola Anda menemaninya belajar itu menjadi penyebab anak menjadi kurang mandiri.

Kemampuan Untuk Belajar
Pada saat anak sedang mengejarkan PRnya sebaiknya Anda membiarkan anak untuk belajar sendiri. Bahkan ketika harus belajar untuk mengulang. Namun, ketika dihadapkan dengan pelajaran sulit Anda sebaiknya harus terlibat dan menemani. Sedikit demi sedikit putuskan keterlibatan Anda dalam proses belajar anak-anak, karena lebih besar anak harus semakin mampu untuk mengingatkan dirinya sendiri dan belajar mandiri.

Melepaskan anak belajar sendiri berarti juga memungkinkan anak untuk membuat kesalahan. Pada saat anak masih dalam masa pertumbuhan sebaiknya Anda tetap mengawasinya, hal ini bertujuan agar anak tidak banyak melakukan kesalahan. Peran orang tua juga sangat penting untuk meningkatkan prestasi akademiknya, ada baiknya jika Anda secara berkala memeriksa peningkatan kemampuan anak di sekolah hal ini dapat Anda lakukan dengan langsung menghubungi guru – guru yang mengajar anak Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 1 =

%d bloggers like this: