Penyebab & Cara Mengatasi Belekan Pada Bayi

Loading...

Tentu Anda akan merasa khawatir ketika mata anak Anda penuh dengan kotoran yang biasa dikenal dengan sebutan belek, terutama jika disertai dengan mata merah. Anak-anak cenderung lebih rentan terhadap kondisi ini bila dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh kerena itu, sebagai orang tua Anda harus mengetahui hal yang menjadi penyebab belekan pada mata bayi serta bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab & Cara Mengatasi Belekan Pada Bayi

Penyebab umum belekan pada mata bayi :

Mata merah
Diketahui bahwa ada lebih dari 200 jenis virus yang dapat menyebabkan gejala dingin termasuk batuk, sakit tenggorokan, dan hidung meler. Dalam kondisi tertentu serangan virus ini juga dapat menyebabkan mata merah disertai belekan pada bayi. Jika anak Anda mengalami mata merah dan disertai dengan gejala pilek, seperti yang disebutkan di atas, kemungkinan besar akan menyebabkan pilek.

Infeksi bakteri
Dalam beberapa kasus khusus, kondisi mata belekan pada bayi dapat disebabkan oleh serangan bakteri. Umumnya, kondisi ini lebih berbahaya daripada mata merah karena infeksi virus. Munculnya kotoran mata kehijauan terlihat dari bagian putih mata dan kelopak mata yang akan memerah. Pembengkakan mata dapat terjadi dan biasanya menyebabkan anak menjadi lebih rewel.

Cara mengatasi belekan pada mata bayi :

Memijat hidung anak
Mata belekan akan berimbas ke dalam rongga hidung. Biasanya sebelum anak mencapai usia 7 bulan, saluran air mata dapat membuka sempurna sehingga kotoran dan air mata dapat mengalir tanpa kendala. Jika untuk satu alasan atau penyumbatan lain yang menghasilkan belekan anak, tindakan yang dapat dilakukan adalah memijat hidung anak.

Membersihkan dengan kapas
Penanganan pada belekan dan gangguan mata merah yang disebabkan oleh serangan virus tidak memerlukan antibiotik, karena virus tidak dapat dibunuh dengan antibiotik. Cara yang benar untuk melakukan pada saat Anda sedang membersihkan kotoran pada mata bayi menggunakan kapas dan air hangat teratur, dan memberikan susu sesering mungkin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak bisa sehat lagi.

Hidari dari alergen
Langkah paling bijaksana untuk mengatasi penyebab alergi atau iritasi adalah untuk menghindari alergen dan iritan.

Beri obat khusus
Dalam keadaan tertentu ketika anak Anda memiliki infeksi bakteri biasanya dokter akan meresepkan antibiotik yang sesuai dengan kondisi bayi. Namun yang perlu Anda perhatikan yaitu dalam memberikan obat untuk bayi atau anak di bawah 2 tahun harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan harus di bawah pengawasan ahli.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + twenty =

%d bloggers like this: