Mengenal Penyakit Creeping Eruption Pada Anak

Loading...

Creeping Eruption merupakan salah satu bentuk peradangan berbentuk linear atau juga dapat terlihat seperti berkelok-kelok di bagian tubuh yang terinfeksi. Hal ini tentunya akan dapat menimbul iritasi yang sangat serius dan progresif, hal ini dapat disebabkan oleh invasi larva cacing berjenis cacing tambang yang berasal dari anjing serta kucing dan binatang mamalia lainnya.

Mengenal Penyakit Creeping Eruption Pada Anak

Gejala
Masuknya telur ke dalam kulit ini biasanya disertai dengan rasa gatal serta panas. Mula-mula pada kulit anak akan terbentuk papul, lalu kemudian diikuti bentuk yang sangat khas, yakni luka terbuka berbentuk linear atau berkelok-kelok, ini akan timbul dengan diameter 2-3 mm, dan memiliki warna yang berwarna kemerahan.

Selanjutnya papul merah ini akan menjalar seperti halnya benang berkelok-kelok, yang akan menimbul dan membentuk terowongan, yang dapat mencapai panjang beberapa sentimeter. Rasa gatal biasanya lebih terasa hebat pada malam hari. Infeksi ini biasanya menyerang pada bagian tubuh seperti halnya kaki, tangan, anus, dan juga paha.

Pengobatan
Penyakit ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Dalam banyak kasus, penyakit ini akan sembuh sendiri dan tanpa pengobatan dalam 4 sampai dengan 8 minggu. Namun, pengobatan yang sangat efektif dapat mengurangi waktu lamanya anak terjangkit penyakit ini. Anti cacing seperti tiabendazol, albendazol, mebendazol dam ivermectin juga dapat digunakan.

Larutan tiabendazol ini dapat dioleskan yang merupakan pengobatan pilihan pertama pada saat awal gejala penyakit ini timbul. Pengobatan per oral juga dapat diberikan bila luka yang ada meluas atau pengobatan dengan larutan tiabendazol yang dilakukan gagal.

Penyebab
Penyebabnya yakni cacing tambang yang biasa hidup pada bagian dalam tubuh kucing atau anjing. Telur cacing masuk ke dalam tubuh manusia melalui kontak kulit dan juga air liur dengan telur yang berada pada kotoran anjing atau kucing. Sebaiknya jika binatang peliharaan Anda buang air Anda menempatkannya jauh dari rumah. Selain itu sebaiknya setelah berinteraksi dengan binatang peliharaan Anda membiasakan diri dengan selalu mencuci tangan hal ini akan meminimalisir infeksi kulit pada virus – virus tertentu.

Pencegahan
Menggunakan sepatu pada daerah endemis yaitu daerah dimana angka untuk kejadian infeksi cacing tambang ini sangat tinggi, dapat mencegah penetrasi untul telur cacing lewat kaki. Selain itu, sebaiknya hindarkan anak bermain pada pasir dan tanah yang banyak dijadikan tempat bermain binatang peliharaan. Biasanya binatang peliharaan secara tidak sengaja membuang kotoran yang menjadikan tanah yang ada memiliki virus dan juga bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =

%d bloggers like this: