Tips Melatih Daya Ingat Anak

Loading...

Tentunya Anda sebagai orang tua menginginkan anak yang tumbuh dengan cerdas dan juga memiliki daya ingat yang kuat, dengan memiliki daya ingat yang kuat akan membuat anak menjadi tidak mudah lupa pada pelajaran yang telah diterimanya pada saat berada di sekolah. Namun hal ini bukanlah hal yang mudah untuk membuat anak menjadi memiliki daya ingat yang kuat. Tentunya banyak faktor yang dapat menunjang hal ini contohnya saja faktor genetik dan asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh anak Anda, banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melatih daya ingat pada anak Anda.

Tips Melatih Daya Ingat Anak

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk melatih daya ingat anak :

Usia Batita
Sebaiknya pada saat ini Anda membangun komunikasi yang baik dengan anak Anda. Hal ini dapat dimulai dengan hal kecil seperti dengan menanyakan semua kegiatan yang anak Anda lakukan agar anak menjadi mengingat apapun yang telah ia lakukan selama satu hari penuh. Contohnya saja dengan menanyakan apa saja yang anak Anda mainkan serta bermain dengan siapa saja anak Anda bermain.

Sebaiknya arahkan anak untuk mengorganisir kegiatannya sendiri, hal ini tentunya dapat dilakukan dari hal yang sangat sederhana seperti dengan merapikan barang – barang yang menjadi miliknya. Kegiatan ini dapat melatih daya ingat anak dengan menemukan kembali barang yang sudah di rapikannya, dengan ini anak akan dapat mengingat banyak hal meskipun hanya pada jangka waktu yang pendek.

Sangat banyak cara yang dapat dilakukan untuk melatih daya ingat anak. Contohnya dengan bermain kartu dan meminta anak Anda untuk mengingat gambar dari kartu – kartu tersebut. Anda juga dapat mengajak anak bermain, contohnya saja dengan melempar bola namun mintalah anak Anda untuk melempar sambil berhitung.

Usia Prasekolah
Pada saat anak mulai memasuki usia ini ada baiknya jika Anda banyak menanyakan apa saja kegiatan anak pada saat di sekolah. Hal sederhana dengan menanyakan berapa banyak teman yang berada dalam satu kelasnya. Berikan pertanyaan yang ringkas dan tidak berbelit- belit agar anak tidak menjadi bingung karena hal ini.

Selain itu, Anda juga dapat meminta anak untuk bersama – sama menyusun kegiatannya pada hari berikutnya. Hal ini juga dapat menjadikan kemampuan daya ingatnya lebih tajam, dengan melakukan hal ini dengan rutin akan menjadi kebiasaan yang menjadikan anak tidak mudah lupa. Jika anak telah lelah untuk mengerjakan tugasnya ini sebaiknya Anda membiarkan anak Anda bermain dan juga beristirahat, untuk dapat memliki daya ingat yang baik Anda juga haruslah memilih makanan yang bergizi untuk menunjang hal ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × four =

%d bloggers like this: