Tips Menyaring Berita Negatif Untuk Anak

Loading...

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju, informasi yang ada didapat dari banyak cara mulai dari media cetak hingga media elektronik. Bukan hanya orang dewasa, kini anak – anak pun sudah dapat mengakses berbagai situs berita dengan mudah terlebih dengan anak yang telah diberikan akses melalui gadget dengan mudah. Namun berita yang didapat tidak semuanya dapat dimengerti anak dengan mudah, maka dari itu ada baiknya jika Anda menyaring terlebih dahulu informasi yang akan dikonsumsi oleh anak Anda.

Tips Menyaring Berita Negatif Untuk Anak

Berikut ini adalah beberapa tips menyaring berita negatif untuk anak :

Emosi Melalui Raut Wajah
Beberapa anak yang bersifat pendiam tidak akan mengungkapkan perasaannya secara terbuka dan langsung. Maka dari itu sebagai orang tua ada baiknya jika Anda memahami perubahan raut wajah anak Anda. Hal ini dapat mengantisipasi hal apa yang harusnya Anda lakukan jika anak Anda tidak merespon dengan baik berita yang dilihat dan diterimanya.

Validasi Emosi yang Dirasakan Anak Anda
Pada saat melihat informasi yang kurang disukai banyak anak yang langsung menyatakan responnya secara langsung, sebaiknya pada saat ini Anda mendengarkan apa yang dikeluhkan oleh anak dan juga mendampingi anak Anda. Jika anak tidak menerima dengan baik apa yang telah dilihatnya sebaiknya Anda menjelaskannya dari sisi yang lebih positif atau memindahkannya ke chanel lain yang tidak berisikan informasi seperti yang sebelumnya. Contohnya saja jika anak melihat kasus pembunuhan ada baiknya jika Anda mendampinginya agar anak tidak menjadikan rasa takut yang berlebihan dalam diri sendiri.

Berikan Pemahaman Mengenai Kebaikan
Banyak sekali pemberitaan yang sangat tidak layak ditonton oleh anak contohnya saja dengan tayangan berita penculikan, perampokan dan juga pemerkosaan. Tentunya hal ini akan menjadikan pola pikir anak menjadi melihat dunia sebagai sesuatu yang buruk. Maka dari itu Anda haruslah memberikan pemahaman tentang banyak kebaikan lainnya di dunia sehingga tidak menjadikan anak trauma di masa depan.

Berdiskusi Dengan Anak Anda
Pada saat anak menyaksikan berita, Anda haruslah ikut mendampinginya dan mencoba untuk berdiskusi tentang apa yang telah anak Anda saksikan. Anda dapat menyimpulkan dari kata – kata anak Anda apakah mereka menerima ataukah menolak dengan apa yang mereka saksikan. Pada saat ini Anda dapat lebih mengerti tentang apa yang anak rasakan dan sebaliknya anak juga akan menjadi lebih terbuka kepada Anda.

Meningkatkan Rasa Empati Dengan Menjadi Partisipan
Tentunya dengan banyaknya cara untuk mendapatkan informasi pada saat ini, sangat sulit untuk menjauhkan anak dari berbagai berita yang terjadi di luar sana. Namun dengan berita yang ada, Anda dapat menjelaskan segala sisi positif. Anda juga dapat menanamkan rasa empati pada anak, yang dapat menjadikan anak Anda lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − four =

%d bloggers like this: