Tips Mengatasi Anak Yang Suka Bolos

Loading...

Tentunya sangat sulit untuk selalu menjaga anak Anda di setiap saat, contonya saja pada saat anak Anda berada di sekolah. Kini sudah sangat banyak terjadi dimana anak – anak yang bolos sekolah yang tentunya akan merugikan nilai akademiknya. Bukan hanya anak laki – laki yang banyak melakukan hal ini, namun jug aserign dilakukan oleh anak – anak perempuan.

Tips Mengatasi Anak Yang Suka Bolos

Jika hal ini dibiarkan maka akan menjadi suatu kebiasaan buruk yang akan memberikan efek negatif yang akan mempengaruhi masa depan anak Anda. Biasanya banyak faktor yang membuat anak menyukai sikap negatif ini mulai dari guru yang tidak mereka sukai, pelajaran bahkan teman – teman yang banyak tidak mereka sukai.

Biasanya pada setiap sekolah telah menyediakan fasilitas untuk menangai masalah ini, yakni dengan menyediakan bimbingan konseling. Bimbingan konseling sampai saat ini masih menjadi solusi utama untuk mengatasi banyak sikap buruk yang terjadi pada siswa dan siswinya. Namun hal ini tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah. Anda sebagai orang tua juga haruslah ikut andil dalam menyelesaikan masalah ini.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi anak yang sering membolos :

Tegaslah Terhadap Anak
Sebaiknya Anda tidak terus menerus memaafkan kesalahan anak yang membolos. Dengan memaafkannya akan membuat anak berpikir jika bolos adalah hal yang wajar dilakukan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan selalu memperhatikan absensi anak Anda di sekolah. Kehidupan anak Anda tentunya memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dari Anda untuk pertumbuhannya.

Namun banyak aspek lain di lingkungannya yang menanamkan sikap pada saat mereka tumbuh besar. Jika Anda juga merasa cuek untuk mengurusi anak di sekolah maka anak akan semakin sering membolos. Maka dari itu sebaiknya Anda berlaku tegas pada anak untuk persoalan yang satu ini.

Kenali Masalah Anak Dengan Kelasnya
Tentunya banyak sekali faktor yang membuat anak menjadi membolos, maka dari itu sebaiknya Anda mengenali hal yang menjadi akar permasalahan anak yang sering membolos. Jika anak tidak menyukai pelajaran tersebut ada baiknya jika Anda mencari alternatif lain untuk memberikan mereka pelajaran tambahan yang tentunya bersifat menyenagkan bagi mereka, jangan sampai yang Anda jadikan solusi semakin menambah beban yang sudah mereka miliki.

Jalin Komunikasi yang Baik
Salah satu yang menjadikan anak bolos adalah kurangnya komunikasi dengan Anda maupun dengan guru yang ada di sekolahnya. Maka dari itu ada baiknya jika Anda memulainya dengan menjalin kembali komunikasi yang baik dengan anak Anda. Anda dapat memberikan pikiran yang positif kepada anak Anda, ajak anak untuk berpikir secara positif dan berikan pengertian jika yang telah dilakukannya adalah hal yang salah. Berikan pengertian bahwa sikap yang demikian akan banyak merugikannya di masa depan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 16 =

%d bloggers like this: