Tips Agar Memompa ASI Lebih Efektif

Loading...

Sekarang ini sangat banyak ibu yang sedang menyusui namun tetap bekerja di luar rumah, hal ini tentunya sedikit menyulitkan Anda dalam memberikan ASI ekslusif pada bayi Anda. Hal yang paling banyak dilakukan adalah dengan memompa ASI dan menyimpannya di dalam lemari pendingin. Namun masih banyak wanita yang tidak memahami bagaimana memompa ASI yang benar sehingga membuat ASI yang dihasilkan menjadi lebih sedikit.

Tips Agar Memompa ASI Lebih Efektif

Berikut ini merupakan beberapa tips agar memompa ASI lebih efektif :

Buatlah jadwal rutin memompa ASI disela aktivitas Anda
Pada saat Anda akan memompa ASI dalam kegiatan yang padat, sebaiknya Anda memompa ASI secara rutin. Hal ini tentunya sangat penting agar ASI dapat selalu diproduksi, sangat penting untuk membuat tubuh Anda menjadi rileks agar ASI yang dihasilkan semakin banyak.

Cobalah Beberapa Menit Untuk Memijat Sebelum Memompa ASI
Ada baiknya jika pada saat akan memompa ASI Anda terlebih dahulu memijat area payudara Anda. Hal ini berguna untuk melancarkan aliran ASI yang akan dikeluarkan, jika aliran ASI terasa tersendat Anda juga dapat memompa ASI sambil memijat payudara.

Buat Pikiran Anda Tenang dan Rileks
Selain dengan memijat, sebaiknya Anda mengkonsumsi air putih yang banyak pada saat Anda sedang menyusui. Namun ada hal yang paling penting yakni Anda harus membuat pikiran Anda tenang. Sebaiknya Anda memberikan tubuh untuk beristirahat terlebih dahulu, karena dengan memompa ASI secara terburu – buru membuat ASI yang dihasilkan menjadi tidak optimal.

Mendengarkan Musik
Ada baiknya jika sambil memompa ASI Anda mendengarkan musik yang dapat menambah rasa rileks Anda. Selain dengan mendengarkan musik yang disukai, Anda juga dapat menggunakan aroma terapi yang lembut untuk membuat pikiran Anda semakin tenang.

Perbaiki cara memompa ASI
Apabila Anda berfikir bahwa ASI yang Anda hasilkan tidak sebanyak yang Anda inginkan maka hal ini bisa saja terjadi dari akibat Anda tidak memompa ASI dengan cara yang benar. Jika Anda kesulitan untuk memompa ASI dengan benar sebaiknya Anda membaca petunjuk penggunaan pompa sebelum Anda menggunakannya. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter sebelum memulai kegiatan ini.

Gunakan Pakaian yang nyaman untuk payudara
Salah satu hal yang dapat mendukung Anda dalam memompa ASI adalah dengan menggunakan pakaian yang nyaman untuk Anda pada masa menyusui, dengan menggunakan pakaian yang memiliki kancing akan memudahkan Anda untuk memompa ASI tanpa harus membuka semua pakaian Anda. Usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang ketat karena hal ini dapat membuat payudara Anda terasa sakit karena tertekan.

Posisi memompa yang membuat Anda nyaman
Hal yang terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencari posisi yang nyaman untuk memompa ASI. Mungkin pada saat Anda bekerja di kantor Anda akan kesulitan untuk menentukan posisi yang tepat dan juga nyaman. Hal ini dapat terjadi karena terbatasnya ruang gerak yang Anda miliki. Maka dari itu sebaiknya Anda melakukannya di ruangan khusus untuk menyusui . Ruangan ini banyak tersedia di gedung – gedung perkantoran.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + ten =

%d bloggers like this: