Bahaya Penggunaan Kipas Angin Yang Mengancam Anak

Loading...

Bagi Anda yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan benda elektronik yang satu ini. Kini kipas angin kini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang digunakan hampir di setiap rumah. Bentuk yang disediakan juga sangat beragam, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang Anda miliki. Namun penggunaannya ternyata tidak baik dan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh terutama anak – anak.

Bahaya Penggunaan Kipas Angin Yang Mengancam Anak

Berikut ini merupakan beberapa bahaya penggunaan kipas angin yang mengancam anak :

Penyakit Bell Palsy
Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kelumpuhan yang dapat menyerang wajah penderitanya.Jika mengidap menyakit ini maka wajah akan kesulitan untuk tersenyum maupun tertawa. Selain itu juga terjadi pembengkakan di bagian wajah yang disebabkan karena kondisi pada syaraf wajah yang menegang akibat terpapar suhu dingin secara terus – menerus.

Pasokan oksigen berkurang
Jika Anda menggunakan kipas angin dalam waktu yang lama dan terlalu dekat dengan bagian wajah maka akan dapat mempengaruhi pasokan oksigen. Hal ini disebabkan sirkulasi udara yang hanya berputar – putar saja yang menyebabkan udara yang kita hirup berupa karbon dioksida.

Tubuh kekurangan air
Selain kurangnya pasokan udara, penggunaan kipas angin juga akan membuat kehilangan banyak air dari dalam tubuh. Berada di dalam ruangan dengan suhu yang dingin dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh yang akan berdampak buruk bagi kesehatan dan akan menimbulkan masalah bagi organ tubuh Anda.

Kulit kering
Selain dapat mengakibatkan tubuh kekurangan cairan, penggunaan kipas angin dalam waktu yang lama juga tidak baik bagi kesehatan kulit.

Otot kaku dan nyeri
Jika Anda perhatikan, penggunaan kipas angin yang terlalu lama juga dapat mengakibatkan nyeri dan kaku pada otot di bagian tubuh Anda. Suhu yang sangat dingin dapat menurunkan cairan lubrikasi yang fungsinya untuk menguatkan otot. Maka tidak heran jika anak akan mengeluh badannya terasa sakit ketika bangun tidur.

Infeksi saluran pernapasan
Selain itu, penggunaan kipas angin juga dapat berdampak buruk kepada saluran sistem pencernaan karena udara yang disebarkan kembali oleh kipas angin mengandung banyak bakteri serta virus yang dihirup anak. Terlalu banyak bakteri dan virus yang disebarkan kipas angin tentu saja akan menggangu sistem pernafasan anak.

Suhu tubuh menurun
Tentu Anda mengetahui jika menggunakan kipas angin yang terlalu lama akan membuat tubuh anak menjadi dingin. Hal ini dapat menjadikan tubuh kesulitan dalam mengeluarkan keringat serta menghambat metabolisme yang menjadikan suhu tubuh menjadi menurun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − seven =

%d bloggers like this: