Tips Menyusui Bayi Kembar

Loading...

Memang menjadi salah satu kebanggaan jika Anda sudah menjadi orang tua, terlebih jika Anda dianugrahi bayi kembar. Namun untuk merawat serta mengasuh bayi kembar bukan lah hal yang mudah, butuh ketelitian serta kesabaran yang ekstra untuk menghadapinya.

Tips Menyusui Bayi Kembar

Selain itu, Anda harus tetap memperhatikan asupan nutrisi kedua buah hati Anda. Memang pada awal mulanya memberikan ASI pada 2 bayi sekaligus cukup merepotkan, namun ada beberapa trik yang dapat Anda gunakan dalam menyusui bayi kembar Anda.

Berikut merupakan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menyusui bayi kembar :

Memberikan ASI dengan cara menggendong
Untuk dapat memberikan ASI pada bayi kembar memang bukanlah hal yang mudah. Hal yang paling utama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkondisikan diri Anda dan bayi Anda merasa nyaman. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi proses pemberian ASI semakin lancar.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara menggendong bayi Anda dan memeluk bayi Anda dengan posisi kepala yang ditempatkan di bagian lekuk tangan Anda. Setelah itu Anda dapat mengarahkannya ke bagian puting agar bayi Anda lebih mudah menyusui. Hal ini dapat Anda lakukan secara bergantian.

Memberikan ASI dengan Posisi Menyangga Kepala Bayi
Dengan cara ini Anda dapat menggunakan telapak tangan Anda untuk menyangga bagian tubuh dan kepala bayi Anda. Lalu Anda dapat memposisikannya dengan leluasa, Anda juga dapat menggunakan bantal untuk menyangganya. Sebaiknya Anda melakukan hal ini dengan cara bergantian dari bayi Anda yang satunya untuk menghindari bayi terjepit. Usahakan untuk selalu memberikan rasa nyaman bagi bayi Anda. Menambahkan alunan musik klasik juga dapat membantu bayi Anda untuk menyusu lebih nyaman.

Memberikan ASI dengan posisi gabungan
Anda dapat memberikan ASI pada salah satu bayi dengan posisi mengendong mereka sedangkan pada bayi yang lainnya dengan posisi menyangga kepalanya. Hal ini juga dapat Anda lakukan secara bergantian hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada bayi Anda. Posisi ini juga dapat melancarkan proses pemberian ASI yang Anda lakukan.

Pada intinya kunci pada pemberian ASI pada bayi Anda yang kembar adalah kenyamanan Amda dalam memberikan ASI yang harus dilakukan secara rileks. Sebaiknya Anda menggunakan bantal untuk penyangga atau juga menimangnya sehingga bayi akan merasa aman dan juga nyaman. Dalam pemberian ASI untuk bayi kembar maka Anda sangat dianjurkan untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat mencukupi. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara banyak mengkonsumsi makanan yang kaya kalori, protein, kalsium dan tentunya tambahan mineral.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − seventeen =

%d bloggers like this: