Penyebab Bayi Terlahir Dengan Bibir Sumbing

Loading...

Salah satu cacat bawaan lahir yang sering dijumpai adalah kondisi bibir anak yang sumbing. Hal ini bukanlah disebabkan seperti mitos – mitos yang berkembang di masyarakat luas, namun hal ini dapat dijelaskan secara medis. Kondisi bibir sumbung merupakan sebuah kondisi dimana terjadi ketidaksempurnaan pada bagian struktur bibir dan juga pada bagian langit – langit mulut yang tidak menyatu dengan baik. Tentunya Anda ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab bibir sumbing.

Penyebab Bayi Terlahir Dengan Bibir Sumbing

Berikut ini merupakan beberapa penyebab bayi terlahir dengan bibir sumbing secara umum:

Faktor genetik dari orang tua
Salah satu fator penyebab terjadinya bibir sumbing adalah gen yang dibawa janin dari orang tuanya. Ada pula beberapa kasus yang menjadikan bagian bibir yang berkembang disebagian saja. Hal ini dapat terjadi akibat faktor turunan dimana jika ada anggota keluarga yang mengidap kelainan ini maka bayi yang dilahirkan berpotenti mengalami hal yang sama.

Banyak mengkonsumsi alkohol dan obat -obattan
Kebiasan buruk seperti mengkonsumsi banyak alkohol serta obat – obatan selama menjalani masa kehamilan juga dapat menjadi salah satu faktor terjadinya bibir sumbing. Hal ini disebabkan oleh proses pembentukan jaringan bibir yang terhambat oleh banyaknya zat kimia yang masuk melalui tubuh ibu ke janin melalui plasenta. Jika Anda mengkonsumsi obat epilepsi dan obat jerawat sebaiknya terlebih dahulu Anda konsultasikan pada dokter.

Obesitas Selama Kehamilan
Jika selama menjalani kehamilan Anda mengalami obesitas, maka sangat besar kemungkinan untuk terjadinya bibir sumbing. Sebaiknya Anda melakukan diet sebelum akan menjalani kehamilan untuk menghindari resiko – resiko pada saat kehamilan yang berbahaya bagi Anda dan janin yang ada dalam kandungan.

Diabetes
Kondisi ibu yang mengidap diabetes juga dapat menjadi faktor penyebab terjadinya bibir sumbing pada janin yang dilahirkan.

Infeksi penyakit
Jika Anda mengalami infeksi penyakit pada masa kehamilan sebaiknya Anda berhati – hati karena infeksi penyakit dapat menjadi salah satu penyebab bibir sumbing. Jika Anda terinfeksi penyakit Anda sebaiknya langsung berkonsultasi kepada dokter kandungan dan rutin melakukan pengecekan perkembangan janin.

Kekurangan Asam Folat
Saat mengandung Anda haruslah mengkonsumsi makanan – makanan yang sehat dan cukup gizi. Salah satu zat yang dibutuhkan adalah asam folat yang berperan untuk mencegah bibir sumbing. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen yang diberikan oleh dokter untuk mencukupi zat ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 11 =

%d bloggers like this: