Efek Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil

Loading...

Jika Anda adalah penggemar makanan pedas ada baiknya jika Anda menguranginya pada saat menjalani kehamilan. Makanan pedas memang membuat sebagian orang ketagihan dan juga memberikan efek lebih nafsu pada saat makan. Di Indonesia sendiri sangat banyak ragam makanan yang dimasak dengan cita rasa yang pedas.

Efek Negatif Mengkonsumsi Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil

Meskipun jumlah penggemar makanan dengan cita rasa pedas cukup banyak. Namun bukan berarti makanan pedas tidak mempunyai efek samping yang buruk bagi kesehatan, terlebih bagi Anda yang sedang mengandung. Mengkonsumsi makanan pedas menjadi pantangan bagi beberapa wanita yang sedang mengandung karena memeiliki efek negatif bagi tubuh dan janin.

Berikut ini adalah beberapa efek negatif mengkonsumsi makanan pedas bagi ibu hamil :

Rasa mulas
Pengaruh akan makanan pedas pada wanita yang sedang hamil tentunya akan berbeda satu dengan ibu hamil yang lainnya. Beberapa wanita hamil bisa jadi tidak akan mengalami apa – apa saat mengkonsumsi makanan pedas. Namun hal ini dapat berdampak sebaliknya jika Anda mengkonsumsinya pada saat tubuh merasa kurang sehat. Perut Anda akan mulas yang tentu saja akan berdampak pada janin yang Anda kandung.

Diare
Selain rasa melilit mulas yang berlebihan, mengkonsumsi makanan pedas juga dapat membuat Anda mengalami diare. Jika hal ini terus menerus terjadi tentunya akan berdampak buruk bagi Anda karena Anda akan mengalami dehidrasi. Jika hal ini terjadi sebaiknya Anda selalu mencukupi cairan tubuh dengan mengkonsumsi air minum dengan rutin.

Meningkatkan Jumlah Pelepasan Prostaglandin (Kontraksi)
Jika pada saat hamil Anda mengkonsumsi banyak makanan pedas maka akan memicu terjadinya pelepasan hormon prostaglandin yang mengakibatkan otot halus Anda mendorong untuk terjadinya kontraksi.

Memang secara umum, mengkonsumsi makanan yang sifatnya pedas bukanlah suatu masalah yang serius, hal ini tentunya sangat berbeda dengan banyak mitos yang berkembang di masyarakat secara luas. Makanan yang mengandung cabai juga tidak banyak memiliki pengaruh yang buruk bagi janin yang sedang berada dalam kandungan, hal ini dikarenakan janin hanya menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibunya bukan menyerap rasanya.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan, maka dari itu ada baiknya jika Anda membatasi pada saat mengkonsumsi makanan yang pedas. Hal ini tentunya akan berdampak pada lambung dan juga sistem pencernaan jika dikonsumsi terlalu banyak. Namun dibalik semua itu, mengkonsumsi cabai secara rutin juga memiliki manfaat bagi kesehatan karena cabe memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 9 =

%d bloggers like this: