Tips Menghadapi Anak Introvert

Loading...

Bagi Anda yang memiliki anak dengan kepribadian introvert sebaiknya Anda memberikannya dukungan untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Karena biasanya anak yang mempunyai kepribadian seperti ini cenderung pemalu dan menutup diri. Hal ini tentunya akan sedikit membuat bingung Anda sebagai orang tua, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips untuk menghadapi anak introvert.

Tips Menghadapi Anak Introvert

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menghadapi anak introvert :

Kenalkan Anak Pada Lingkungan
Biasanya anak introvert akan memiliki kecenderungan yang lebih sulit untuk bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu ada baiknya jika Anda mengajak anak untuk mengenalkannya pada lingkungan. Anda dapat mengajak anak Anda untuk mengunjungi tetangga dan juga bermain bersama, pada mulanya biasanya mereka akan malu namun jika dibiasakan dan juga dilatih hal ini dapat hilang lama – kelamaan.

Kembangkan Bakatnya
Anda juga dapat melakukannya dengan cara mengembangkan bakat dan juga minat anak Anda, namun sebaiknya Anda tidak memaksa anak untuk tampil di depan banyak orang. Hal ini akan dapat membuat anak Anda semakin menutup diri karena tidak nyaman, untuk itu sebaiknya Anda memberikan keleluasaan untuk anak dalam memilih hobi yang disukainya. Cara ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak Anda.

Berikan Kebebasan Memilih
Biasanya pada anak yang pendiam mereka tergolong tidak banyak meminta dan menuntut pada orang tuanya. Mereka lebih cenderung untuk menerima apa yang telah diberikan oleh orang tuanya. Namun sebaiknya mulai sekarang Anda selalu memberikan pilihan untuk anak Anda. Hal ini akan dapat memberikan anak kesempatan untuk dapat mengembangkan apa yang mereka inginkan.

Bangun Kepercayaan Dirinya Dengan Pujian
Pada dasarnya semua orang sangat senang jika diberikan pujian, begitu juga dengan anak introvert. Sebaiknya Anda memberikan pujian jika anak melakukan sesuatu yang baik. Hal ini dapat membangun kepercayaan diri anak Anda, dan sifat pemalunya akan sedikit demi sedikit berkurang.

Buatlah Waktu dan Ruang Khusus Dengan Anak
Anak dengan kondisi ini umumnya sangat sulit untuk mengungkapkan isi hatinya terlebih jika di depan orang banyak. Sebaliknya mereka akan selalu menyembunyikan apa yang mereka rasakan. Maka dari itu ada baiknya jika Anda membuat waktu dan juga ruang yang khusus untuk anak Anda.

Pada waktu ini Anda dapat membebaskan anak untuk mengungkapkan isi hatinya, Anda hanya perlu mendengarkan apa yang mereka ceritakan dan mereka inginkan. Seperti halnya orang dewasa, anak – anak juga akan merasa berkurang bebannya jika sudah membagikannya dengan orang yang dekat dengannya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + eleven =

%d bloggers like this: