Cara Menghadapi Anak Yang Membangkang

Loading...

Pada saat anak dalam masa pertumbuhan tentunya ada masa dimana anak Anda dapat mulai membantah dan tidak menuruti perkataan Anda sebagai orang tuanya. Sebaiknya pada masa ini Anda sebagai orang tua menyikapi dengan bijak semua tindakan yang anak Anda lakukan. Selain itu, sangat penting untuk tidak mendiamkan anak pada saat anak Anda membangkang karena dengan hal ini anak akan tumbuh dengan banyak hal negatif, mendiamkan anak juga dapat menjadikan anak menganggap apa yang dilakukannya adalah hal yang benar.

Cara Menghadapi Anak Yang Membangkang

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghadapi anak yang membangkang :

Sikapi dengan lembut
Sebaiknya pada saat menghadapi anak yang mulai membangkang Anda menghindari bersikap keras. Ada baiknya jika Anda memberi tahu anak dengan cara yang halus dan juga lembut. Dengan marah – marah akan dapat membuat anak Anda di masa depan juga menyelesaikan masalahnya dengan emosi. Sebaiknya Anda tidak mudah terpancing emosi pada saat menghadapi anak yang memberikan penolakan pada Anda.

Selalu berikan pilihan
Pada saat Anda meminta anak melakukan suatu kegiatan seperti mandi ataupun makan, sebaiknya Anda tidak mendikte anak dengan menyuruh dan hanya memikirkan kehendak Anda. Ada baiknya jika Anda memberikan beberapa pilihan, hal ini berguna untuk anak menjadi tidak merasa di pojokkan. Selain itu Anda juga dapat membujuk anak Anda untuk melakukannya.

Menghargai perilaku positif
Jika anak melakukan hal yang positif sebaiknya jangan ragu untuk memberikannya pujian, jika sangat memungkinkan Anda dapat memberikan hadiah ataupun dapat Anda lakukan dengan cara memeluk ataupun menciumnya sehingga membuat anak Anda merasa lebih dihargai.

Komunikasi aktif
Selain dengan memberikannya perhargaan, Anda juga dapat melakukannya lebih sering melakukan komunikasi. Anda juga dapat menjelaskan tentang banyaknya peraturan yang Anda buat dengan kejelasannya yang bertujuan agar anak memahami apa yang Anda inginkan. Anda juga dapat menjelaskan konsekuensi jika anak Anda membangkang.

Konsisten terhadap aturan yang telah dibuat
Jika Anda menerapkan banyak aturan di rumah sebaiknya Anda konsisten dengan peraturan yang Anda buat tersebut. Hal ini dapat Anda lakukan dari hari ke hari. Anda juga dapat menjelaskan apa dampak dan resiko yang dapat anak terima. Jika tidak mengikuti peraturan yang telah orang tuanya buatkan. Hal ini juga dapat mengajarkan anak Anda untuk tidak bertingkah dengan kemauannya sendiri.

Introspeksi
Apabila anak Anda tetap tidak mau mengikuti apa yang Anda inginkan, sebaiknya sebagai orang tua Anda mengintrospeksi diri Anda mengapa anak Anda sangat sering membantah. Bisa jadi hal ini karena Anda yang membuat anak menjadi tidak penurut, hal ini didapat jika Anda sebagai orang tua sangat sering membentak, menghardik, dan memberi perintah seperti mendikte.

Hal ini tentunya akan dapat membuat anak Anda menjadi pemberontak. Sebaiknya Anda melakukan komunikasi yang intens dan juga mendengarkan anak Anda merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mendidik anak. Dengan membangun karakter serta mental yang kokoh akan membuat kehidupan anak Anda lebih mudah di masa yang akan datang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =

%d bloggers like this: