Bahaya Berbagai Jenis Obat Nyamuk Bagi Anak

Loading...

Tentunya bagi Anda para orang tua yang memiliki anak, akan menjengkelkan jika banyak nyamuk yang menggigit tubuh anak Anda. Hal ini akan menimbulkan gatal yang akan membuat anak Anda menjadi merasa tidak nyaman. Selain itu, gigitan nyamuk juga dapat menjadi penyebab beberapa penyakit serius seperti malaria dan juga demam berdarah.

Bahaya Berbagai Jenis Obat Nyamuk Bagi Anak

Masih banyak diantara orang tua yang masih menggunakan obat nyamuk untuk mengusir kebedaraan nyamuk di rumah. Namun dibalik kegunaannya sebagai pengusir nyamuk, penggunaan obat nyamuk juga memiliki berbagai dampak negatif yang dapat mengganggu kesehatan anak Anda. Hal ini tentunya disesuaikan dengan jenis obat nyamuk yang biasa Anda gunakan sehari – hari.

Berikut ini merupakan beberapa jenis obat nyamuk dan bahayanya bagi anak :

Obat nyamuk bakar
Jenis obat nyamuk yang satu ini merupakan salah satu obat nyamuk yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat, namun seiring dengan perkembangan zaman obat nyamuk jenis ini sudah banyak ditinggalkan. Zat diklorvos yang terkandung dalam obat nyamuk bakar dapat menyebabkan pernafasan menjadi terganggu dan dapat menjadi pemicu kanker dan juga membuat sistem syaraf menjadi terganggu.

Obat nyamuk semprot
Obat nyamuk jenis ini sering digunakan karena aromanya yang dicampur dengan berbagai wewangian yang menurut produsen menjadikannya tidak berbahaya. Biasanya pada masyarakat hal ini dilakukan dengan cara mendiamkannya selama 1 jam pada ruangan baru setelah itu ruangan dapat kita gunakan. Namun yang perlu Anda tahu bahwa di dalam obat nyamuk semprot terkandung zat diklorvos dan propoxur yang tentunya juga berbahaya untuk kesehatan.

Obat nyamuk elektrik
Banyak sekali orang tua yang menggunakan obat nyamuk jenis ini untuk digunakan pada kamar anak. Hal ini dirasa lebih aman digunakan dibandingkan dengan obat nyamuk jenis lainnya. Namun yang perlu Anda ketahui, jenis obat nyamuk ini juga sama halnya dengan obat nyamuk bakar yang mengandung alletrin dan transflutrin yang dapat membuat Anda menjadi kesulitan bernafas.

Obat nyamuk oles
Jenis obat nyamuk ini sangat tidak disarankan untuk digunakan terlebih untuk kulit anak – anak yang lebih sensitif. Hal ini dikarenakan kandungan zat kimia yang terdapat pada obat nyamuk ini langsung bersentuhan dengan kulit yang dapat membuat kulit menjadi iritasi. Campuran diethyltoluamide yang ada akan dapat menyebabkan kulit menjadi terkikis sehingga lebih rentan terkena infeksi. Maka dari itu sebaiknya bagi Anda para orang tua menggunakan tanaman alami ataupun herbal untuk mengusir nyamuk.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =

%d bloggers like this: