Efek Negatif Memakai Bedak Tabur Bayi

Loading...

Salah satu kebutuhan yang dianggap utama oleh para orang tua adalah minyak telon dan juga bedak bayi yang dianggap menjadi salah satu bagian yang memberikan aroma khas wangi bayi. Tentunya perlengkapan ini selalu digunakan pada saat bayi setelah mandi.

Efek Negatif Memakai Bedak Tabur Bayi

Memang dengan penggunaan bedak bayi akan dapat membuat bayi terasa lebih wangi dan juga lebih segar. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa pada bedak bayi mengandung talc yakni mineral yang bernama silica magnesium yang sebelumnya sudah terhidrasi. Pada saat bedak ditaburkan pada tubuh bayi maka partikel ini dapat menguap dan juga mengendap. Tentunya hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh bayi.

Berikut ini merupakan beberapa efek negatif memakai bedak tabur bayi :

Penyebab pneumonia
Penggunaan bedak tabur bayi dapat menyebabkan terjadinya pnemunia yakni tersumbatnya paru – paru akibat banyaknya partikel yang menumpuk yang disebabkan banyaknya partikel dari bedak yang terhirup tanpa sengaja oleh bayi Anda.

Sarang kanker paru paru
Bedak bayi yang banyak terhirup juga dapat menyebabkan kanker pada paru – paru, bahkan juga dapat mengakibatkan kanker rahim. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengatakan bahwa penggunaan yang tinggi pada bedak bayi akan berdampat semakin tingginya pula resiko terkena kanker rahim saat dewasa nanti.

Mengeringkan selaput lendir
Hal lainnya yang dapat terjadi karena banyaknya menghirup bedak bayi adalah dapat mengeringkan selaput lendir. Tentunya hal ini memberikan efek yang sangat buruk karena selaput lendir bertugas sebagai penyaring kotoran yang akan masuk ke dalam tubuh menjadi tidak berfungsi.

Susah bernafas
Beberapa produk bedak bayi juga mengandung bahan kimia yang keras. Hal ini menjadi salah satu penyebab bayi menjadi sulit bernafas jika dalam waktu lama menghirup bedak ini. Hal ini diakibatkan banyaknya partikel jahat yang masuk ke saluran pernafasannya.

Resiko terkena kista
Selain itu, bahaya pada bayi yang sangat serius adalah apabila bedak ini digunakan di sekitar kemaluan bagi bayi perempuan akan beresiko terkena penyakit kista. Bedak bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat masuk ke alat reproduksi dan juga ke dalam organ genital bagian dalam. Tentunya hal ini akan menjadi pathogen yang jika berjumlah semakin banyak dapat menyebabkan terjadinya penyakit kista.

Meningkatkan resiko inflamasi
Hal yang paling banyak dialami oleh bayi dengan penggunaan bedak yang terlalu banyak akan memberikan efek inflamasi bagi tubuhnya. Ketika hal ini terjadi maka tubuh akan mengangap bahwa bedak bayi yang masuk ke dalam tubuh merupakan zat asing yang menyebabkan pembengkakan sebagai tanda perlawanan tubuh pada zat asing tersebut.

Kematian
Salah satu penyebab paling fatal dari penggunaan bedak bayi adalah kematian yang dapat datang tiba – tiba. Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya bedak bayi yang terhirup yang dapat menggangu dan juga menghambat sistem pernafasan. Apabila hal ini tidak ditangani dengan segera maka dapat mengakibatkan kematian mendadak atau yang dikenal dengan SIDS.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 14 =

%d bloggers like this: