Tips Mengatasi Sulit Tidur Pada Saat Hamil

Loading...

Pada saat usia kehamilan semakin bertambah biasanya sangat banyak faktor yang menjadi hambatan untuk beristirahat dengan baik, salah satunya Anda mengalami kesulitan tidur atau yang lebih dikenal dengan sebutan insomnia. Hal ini biasanya disebakan oleh perubahan hormon yang terjadi pada saat menjalani kehamilan.

Tips Mengatasi Sulit Tidur Pada Saat Hamil

Pada saat ini biasanya Anda akan mengalami susah tidur pada malam hari, tentunya pada saat mengalami hal ini Anda juga merasa khawatir akan perkembangan janin di dalam kandungan Anda, namun kekurangan istirahat tidak terlalu berdampak signifikan pada kondisi bayi Anda. Meskipun begitu Anda tetap saja harus mengetahui beberapa tips agar Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat Anda lalukan untuk mengatasi sulit tidur pada saat hamil :

Carilah Posisi Tidur yang Nyaman Untuk Anda
Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur ibu hamil adalah dalam posisi tidur ideal bagi ibu hamil yaitu dalam posisi tidur yang baik dan juga tepat. Selama hamil posisi tidur yang sangat dianjurkan adalah dengan posisi miring ke kiri, tentunya hal ini dapat lebih mengoptimalkan aliran darah oksigen serta nutrisi Anda ke plasenta.

Mandi Dengan Air Hangat
Sebelum tidur sebaiknya Anda membasuh tubuh Anda dengan menggunakan air hangat yang diberi wewangian yang menenangkan agar Anda dapat beristirahat dengan nyaman.

Hindari Makan Terlalu Banyak Menjelang Tidur
Sebaiknya Anda menghindari makan yang terlalu banyak pada saat menjelang tidur. Karena hal ini akan dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda, jika Anda merasakan kekenyangan hal ini dapat menyebabkan perut menjadi begah yang memicu timbulnya rasa nyaman dan berdampak pada saat Anda akan tidur.

Minum Segelas Susu Hangat
Dengan mengkonsumsi susu sebelum tidur juga dapat membuat Anda beristirahat lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan pada susu terdapat asam amino trytophan yang dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak yang dapat membantu Anda beristirahat.

Dengarkan Musik
Anda juga dapat mendengarkan musik untuk memberikan rasa tenang dan juga rileks pada tubuh Anda yang menjadikan tubuh Anda lebih mudah untuk tidur dan beristirahat.

Hubungan Intim
Dengan melakukan hubungan intim juga dapat menjadikan kualitas tidur Anda semakin baik. Hal ini dikarenakan dengan melakukan hubungan intim akan memberikan efek santai pada tubuh. Selain itu, Anda juga dapat meminta pasangan untuk memijat bagian tubuh tertentu yang dapat membantu Anda semakin rileks.

Latihan Menarik Nafas
Pada masa kehamilan sebaiknya Anda selalu melatih pernafasan. Selain berguna pada saat Anda melahirkan, latihan pernafasan juga berguna untuk membuat Anda tidur dengan lebih baik dan lebih nyenyak.

Beristirahat Selagi Ada Kesempatan
Selalu menyempatkan beristirahat pada waktu luang juga dapat menghindarkan Anda dari rasa lelah. Rasa lelah yang berlebihan akan menimbulkan rasa tidak nyaman yang akan berdampak pada kualitas tidur Anda. Sehingg aketikia ada waktu untuk beristirahat sebaiknya Anda menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + ten =

%d bloggers like this: