Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Loading...

Apabila bayi Anda sedang mengalami pilek yang mengakibatkan hidungnya menjadi tersumbat, tentunya Anda akan merasa khawatir karena pada saat ini biasanya bayi akan mengalami kesulitan pada saat akan tidur dan menjadi lebih rewel serta bayi juga akan merasa kesulitan pada saat bernafas. Hal yang paling utama adalah dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab hidung bayi menjadi tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Memang ada banyak faktor yang menyebabkan hidung bayi tersumbat, salah satunya yaitu adanya lendir yang bersarang di hidung bayi. Namun Anda tak perlu khawatir karena Anda dapat membantunya dengan alat bantu pernafasan atau membersihkan lendirnya dengan menggunakan nose cleaner atau pun dengan menggunakan cara alami.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi :

Penguapan secara alami
Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara penguapan atau yang banyak dikenal dengan cara inhalasi. Hal ini cukup mudah untuk Anda lakukan di rumah hanya dengan cara menyediakan air hangat yang sudah Anda tetesi dengan minyak telon dan setelah itu biarkan bayi Anda untuk menghirup uap panas yang keluar dari tempat tersebut. Tentunya hal ini dapat berguna untuk menjadikan hidung yang tersumbat menjadi lebih lega.

Hangatkan tubuh bayi
Selain dengan memberikan penguapan secara alami, kehangatan yang diterima tubuh bayi Anda juga dapat mengurangi dampak dari hidung tersumbat yang diakibatkan oleh flu. Hal ini dapat dilakukan dengan memandikan bayi dengan menggunakan air yang hangat atau menjemur bayi Anda di matahari pagi selama waktu kurang lebih 15 menit. Anda juga dapat menjaga suhu udara pada ruangan Anda, dan sebaiknya Anda tidak menggunakan AC dengan terlalu dingin karena dapat mengakibatkan penyakit yang diderita bayi Anda semakin bertambah parah.

Pijat hidung bayi
Anda juga dapat memijat bagian hidung bayi Anda dengan menggunakan minyak telon untuk meringankan hidungnya yang tersumbat. Hal ini dapat membantu untuk mengeluarkan cairan dari dalam hidung bayi Anda. Pada saat Anda membersikannya sebaiknya Anda menggunakan sapu tangan, tisu ataupun cotton bud yang berbahan lembut agar tidak menyebabkan luka dan iritasi pada hidung bayi Anda.

Posisi tidur pada bayi
Pada saat bayi mengalami hidung tersumbat sebaiknya Anda memposisikan bayi dengan memiringkannya pada saat tertidur. Hal ini dapat dilakukan dengan memiringkan ke bagian kanan pada saat hidung kiri tersumbat ataupun sebaliknya. Namun pada posisi ini sebaiknya Anda memposisikan kepala bayi lebih tinggi dari badannya untuk memudahkan bayi dalam bernafas.

Larutan Garam
Larutan garam sudah sejak lama dipercaya dapat mengobati hidung tersumbat. Caranya pun cukup mudah dilakukan hanya dengan melarutkan beberapa sendok garam dengan air hangat. Setelah itu, Anda dapat memasukan larutan garam ke dalam hidung bayi Anda dengan menggunakan sedotan untuk mempermudahnya. Anda juga dapat menggunakan larutan garam beberapa tetes saja dan sebaiknya Anda melakukannya dengan rutin yakni minimal sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 7 =

%d bloggers like this: