Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Pada saat melahirkan, salah satu tahapan yang harus dilewati adalah proses menjahit bekas luka melahirkan. Episiotomi adalah proses dari pengguntingan di area kewanitaan yang dilakukan guna memberi jalan lahir bagi bayi Anda. Pada umumnya Anda akan diberikan anastesi yang berguna untuk meringankan rasa sakit Anda pada saat melahirkan. Namun beberapa wanita akan dapat melahirkan normal tanpa harus mengalami banyak jahitan. Ada beberapa tips agar melahirkan secara normal yang dapat Anda pelajari, agar proses penjahitan di bagian luka tidak terlalu banyak dan menyakitkan.

Tips Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Berikut ini merupakan beberapa tips melahirkan normal tanpa jahitan :

Menyiapkan diri sebelum persalinan
Hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang akan melahirkan normal tanpa jahitan adalah dengan cara menyiapkan mental diri Anda pada saat akan melahirkan. Anda dapat melakukan pijatan premium yang dapat dilakukan pada akhir trimester ketiga.

Memilih tempat
Sebaiknya Anda memilih tempat yang sesuai dengan kondisi Anda, Anda dapat memilih tempat bersalin yang membuat Anda rileks sehingga dapat mempermudah Anda dalam proses melahirkan.

Hindari kelelahan yang berlebih mendekati masa persalinan
Sebaiknya Anda banyak beristirahat menjelang proses persalinan. Salah satu faktor yang menjadikan proses pengguntingan adalah karena badan Anda mengalami kelelahan. Sebaiknya Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi yang baik bagi masa kehamilan Anda.

Melakukan gerakan ringan untuk melatih otot
Anda juga dapat melakukan gerakan ringan yang dapat menjadikan bayi Anda berada pada posisi yang baik untuk dilahirkan. Anda juga dapat melakukan aktivitas ringan di rumah seperti mengepel dengan berjongkok untuk memudahkan Anda pada saat melahirkan.

Menggunakan aromaterapi agar rileks
Selain dengan melakukan olahraga ringan, Anda juga dapat merileksasikan pikiran dengan menggunakan aromaterapi yang sangat baik bagi tubuh Anda. Hal ini juga dapat membantu dalam proses perengangan otot. Hal ini dapat memberikan Anda rasa nyaman pada saat akan melahirkan dan tentunya hal ini juga dapat mengurangi jahitan pada proses melahirkan.

Alpukat dan minyak zaitun untuk peregangan membantu proses persalinan
Pada saat Anda menginginkan kelahiran normal tanpa melakukan penjahitan sebaiknya Anda mengkonsumsi alpukat dan juga minyak zaitun. Kedua bahan ini dapat membantu peregangan pada kulit. Selain itu, mengkonsumsi teh yang terbuat dari daun raspberry juga dapat membuat adanya kontraksi yang lebih produktif yang dapat membantu proses melahirkan menjadi semakin mudah.

Usahakan untuk tidak mengangkat bokong
Pada saat proses melahirkan usahakan untuk tidak mengangkat tubuh bagian belakang Anda, karena dengan ini dapat menyebabkan robekan yang sangat lebar. Jika Anda tidak ingin bagian jalan kelahiran menjadi robek, sebaiknya Anda menahan bokong Anda tetap di tempat tidur. Hal ini akan memperkecil kemungkinan terjadinya robekan pada saat melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 5 =