Masalah Pada Saat Menyapih Anak

Loading...

Memberikan ASI pada anak Anda merupakan hal yang sangat dianjurkan. Selain kandungan ASI yang tentunya sangat baik bagi kekebalan tubuh anak Anda, hal ini juga merupakan hal yang dapat mendekatkan Anda dengan anak. Namun, akan ada saatnya anak harus berhenti menyusu ataupun yang biasa disebut dengan menyapih ASI. Karena pemberian ASI dalam jangka waktu yang terlalu lama juga tidak baik bagi perkembangan anak Anda.

Masalah Pada Saat Menyapih Anak

Maka dari itu sebaiknya Anda menghentikan pemberian ASI ketika anak berusia 2 tahun. Namun, perlu Anda ketahui bahwa proses ini bukan tanpa kendala. Meskipun Anda sudah menerapkan beberapa tips menyapih pada ibu menyusui, namun sangat banyak anak yang tidak mau terlepas dari ASI dan tidak mau menerima susu formula tambahan ataupun untuk beralih ke makanan padat lainnya. Tidak hanya itu saja, masalah lain juga akan Anda temui saat Anda memutuskan untuk menyapih anak Anda.

Berikut ini beberapa masalah yang sering ditemui pada saat proses menyapih anak :

Anak yang Keras Kepala
Perilaku anak yang keras kepala dan selalu ingin menyusu merupakan salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh Anda sebagai para orang tua. Terkadang anak juga terus merengek untuk selalu meminta ASI dan juga menolak untuk diberikan minuman yang lainnya. Hal ini cukup menyulitkan jika Anda sudah merayu dan anak masih tidak mau mengikuti apa yang Anda sarankan.

Pada saat ini mungkin Anda tidak akan tega untuk menyapihnya, namun sebaiknya Anda tetap berusaha untuk mengalihkan perhatiannya agar proses menyapih menjadi lancar. Usahakan agar anak dapat menerima makanan ataupun minuman lainnya agar kondisi tubuh anak tetap terjaga dengan masuknya nutrisi ke dalam tubuh.

Anak yang Susah Makan
Pada saat menyapih tentunya Anda akan memberikan makanan yang lebih beraneka ragam yang bertujuan untuk mengalihkan perhatian anak. Anda dapat membuatkan makanan dengan desain yang menarik dan juga usahakan untuk memasak makanan yang menjadi kegemarannya. Hal yang baru ini biasa membuat anak Anda menolak berbagai makanan.

Hal ini dikarenakan indra perasa anak Anda belum terbiasa dengan berbagai rasa dari makanan tersebut. Sebaiknya pada saat ini Anda memberikan makanan dengan sesuai yang mereka inginkan namun usahakan untuk tetap tidak memberikan ASI.

Anak yang Sakit Perut
Biasanya masalah lainnya yang dapat terjadi ketika proses menyapih ini adalah anak yang dapat mengalami diare karena beberapa bahan makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaannya belum sesuai. Hal ini tentunya dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaannya yang dapat juga menimbulkan diare dan sakit perut yang berlebihan.

Usahakan untuk mengurangi bahan – bahan yang banyak mengandung pengawet. Selain itu, sebaiknya Anda memberikan makanan dengan porsi yang sedikit. Hal ini dapat membuat sistem pencernaanya dapat menyesuaikan terlebih dahulu pada makanan yang masuk.

Anak yang Rewel
Selain pada masalah makanan dan sistem pencernaannya, pada masa ini anak sering kali menjadi lebih rewel dari biasanya. Hal ini dapat dipicu karena ketidaksetujuan anak akan proses menyapih yang sedang berlangsung. Namun anak belum dapat menyampaikannya secara langsung kepada Anda. Pada masa ini sebaiknya Anda memberikan pengertian dan juga lebih sabar dalam mengahadapi anak yang lebih rewel dari biasanya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × two =

%d bloggers like this: