Manfaat Musik Klasik Bagi Janin

Loading...

Musik klasik merupakan komposisi musik yang berasal dari budaya Eropa. Setelah kemajuan zaman, musik klasik ini mulai tersebar ke seluruh dunia termasuk salah satunya adalah Indonesia. Namun sudah tahukah Anda jika musik klasik dapat memberikan manfaat yang sangat besar bagi ibu hamil dan juga bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Manfaat Musik Klasik Bagi Janin

Salah satu jenis musik klasik yang sangat dianjurkan untuk selalu diperdengarkan adalah musik klasik Mozart. Jenis musik klasik ini dipercaya akan dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi perkembangan janin pada kandungan. Bukan hanya itu saja, musik klasik juga dapat memiliki banyak manfaat untuk dapat meningkatkan kecerdasan janin.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat musik klasik untuk perkembangan janin :

Mengurangi stres
Musik klasik yang diperdengarkan dapat mengurangi rasa stres pada ibu hamil. Biasanya pada saat mengandung keadaan mental ibu hamil akan berubah. Pada masa ini, ibu hamil juga akan mengalami rasa yang lebih sensitif yang lebih tinggi dari pada saat sebelum menjalani kehamilan. Sebaiknya pada saat hamil dianjurkan untuk mendengarkan musik klasik yang dapat menurunkan tekanan dan rasa stres. Hal ini tentunya akan dapat mempengaruhi perkembangan janin yang lebih baik.

Berkomunikasi dengan baik
Pada saat seorang ibu mendengarkan musik klasik maka akan mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan janin yang sedang dikandungnya. Pada saat bayi msih berada didalam kandungan suara merupakan salah satu cara janin untuk memperoleh informasi. Musik yang rutin diperdengarkan dapat menjadi salah satu cara untuk janin mempelajari dan juga merespon dengan baik. Hal ini tentu saja akan berdampak pada saat bayi telah lahir ke dunia dan menjadikannya lebih mudah untuk berkomunikasi.

Menenangkan bayi
Selain dapat membantu bayi untuk berkomunikasi dengan mendengarkan, musik klasik juga dapat membantu untuk menenangkan bayi. Dengan selalu memperdengarkan musik klasik dapat membantu bayi Anda tertidur lebih pulas dan tidak mudah rewel. Musik klasik juga sangat bermanfaat bagi bayi yang terlahir prematur. Hal ini dikarenakan biasanya bayi prematur mempunyai detak jantung yang kurang normal yang menjadikannya tidak nyaman, namun dengan menggunakan musik klasik akan dapat membantu jantungnya kembali normal dan membuat bayi lebih telihat tenang.

Merangsang kecerdasan otak
Selain dapat membantu bayi semakin tenang, musik klasik juga dapat mempengaruhi kecerdasan otak bayi, kepribadian, seni, sosialitas, kreativitas serta komunikasinya di masa mendatang. Janin yang selalu mendengarkan musik klasik juga akan bergerak lebih aktif. Hal ini dapat membantunya untuk menjadi anak yang lebih cerdas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × three =

%d bloggers like this: