Tips Agar Kakak Semakin Sayang Adiknya

Loading...

Selain dengan mempersiapkan fisik dan psikis ketika Anda akan memiliki anak lagi, hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memberikan kesiapan mental yang baik pada anak yang pertama. Anak yang lebih dulu lahir memang tidak mudah untuk menerima kehadiran adiknya, banyak anak yang akan merasakan cemburu ketika adik mereka lahir. Sehingga Anda sebagai orang tua juga haruslah memberikan perhatian serta kasih sayang yang seimbang agar anak Anda tidak cemburu dengan adiknya.

Tips Agar Kakak Semakin Sayang Adiknya

Berikut ini merupakan beberapa cara agar anak Anda semakin sayang dengan adiknya :

Persiapkan hadiah
Umumnya, setelah kelahiran bayi banyak keluarga dan juga rekan berkunjung untuk melihat bayi Anda dengan membawakan hadiah. Hal ini akan memberikan rasa ketidaknyamanan pada anak Anda yang pertam. Sehingga untuk dapat mengurangi rasa cemburu Anda dapat memberikan salah satu hadiah kepadanya.

Tidak memberikan beban yang berlebih
Jika perbedaan usia anak pertama dan anak kedua tidak berbeda jauh, atau hanya sekitar 1 sampai dengan 3 tahun maka yang perlu Anda perhatikan adalah beban yang akan Anda berikan pada kakaknya. Jangan pernah memberikan anak pekerjaan yang tidak sesuai dengan umurnya. Salah satu contohnya adalah dengan meninggalkan kakak yang baru berusia 3 tahun untuk menjada adiknya di dalam rumah.

Memberikan waktu istimewa untuk kakak
Dengan memiliki bayi tentu saja akan banyak menyita waktu Anda sehingga anak pertama Anda akan merasa kehilangn waktu bersama orang tuanya. Sebaiknya, Anda juga harus meluangkan waktu untuk anak pertama Anda agar ia tetap merasa diperhatikan dan tidak merasa cemburu pada adiknya.

Hindari menyalahkan si kakak ketika mereka bertengkar
Pada saat anak Anda bertengkar, sebaiknya hindari untuk menyalahkan kakak karena semua yang terjadi belum begitu dipahami oleh anak. Sebaiknya jika anak bertengkar Anda meminta anak untuk sama -sama meminta maaf. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pengertian pada anak pertama mengenai kebutuhan adiknya yang masih kecil.

Mengingatkan Masa Kecilnya
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat menjalin hubungan baik antara kakak dan adik adalah dengan cara menunjukkan album foto ketika anak pertama Anda masih kecil. Disela-sela memperlihatkan gambar ini Anda dapat menceritakan masa kecilnya yang mengembirakan dan juga memberi tahu bahwa ketika mereka sedang bayi sangat banyak momen yang diabadikan.

Ketika anak pertama Anda melihat foto-foto tersebut Anda juga dapat menjelaskan kasih sayang yang Anda diberikan tentunya sama dengan yang sedang dirasakan oleh adiknya saat ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + eight =

%d bloggers like this: