Berbagai Gaya Menyusui Bayi

Loading...

Tahukah jika keberhasilan dalam memberikan ASI ini juga didukung oleh posisi yang benar pada saat menyusui. Untuk Anda yang belum memahami posisi dalam memberikan ASI sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu posisi yang baik sehingga bayi Anda merasa lebih nyaman pada saat menyusu.

Berbagai Gaya Menyusui Bayi

Berikut ini adalah beberapa gaya menyusui yang nyaman bagi bayi :

Posisi Menggendong
Dengan posisi ini Anda dapat memenggendong bayi Anda dan dapat membuat posisi kepala bayi Anda berada di lekukan lengan Anda. Jika Anda memberikan ASI di bagian payudara sebelah kanan, maka Anda dapat memposisikan bayi Anda pada lengan bagian kanan dan dapat menyangah bokong bayi Anda dengan menggunakan telapak tangan Anda. Dengan cara menyusui seperti ini juga akan mempermudah bayi Anda untuk menyusu.

Posisi Menggendong Silang
Jika Anda akan menyusui dengan menggunakan posisi ini, maka Anda dapat menggunakan bagian dari telapak tangan untuk dapat menyangga bayi Anda. Hal ini sedikit berbeda dengan posisi menyusui dengan cara menggendong, karena mengharuskan kepala bayi untuk menekuk pada siku Anda yang digunakan sebagai penyangga. Jika Anda menyusui dengan posisi ini maka Anda dapat menyusui dengan menggunakan payudara di sebelah kanan dan menyangganya dengan tangan kiri. Posisi ini sangat tepat untuk bayi pada saat mereka kesulitan untuk menempelkan mulut ke bagian puting.

Posisi Menyangga Kepala
Dengan posisi ini Anda dapat menggunakan telapak tangan untuk menyangga kepala bayi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan kepala bayi Anda dengan posisi menghadap ke samping, serta usahakan juga untuk menghadap Anda sepenuhnya. Posisi ini sangat cocok diterapkan pada bayi yang sangat suka dipeluk dalam proses menyusu.

Posisi Tidur Bersisian
Cara ini dapat Anda lakukan dengan cara tidur di samping bayi Anda. Pada usia di bawah 3 bulan biasanya bayi belum bisa memposisikan diri untuk miring ke kanan atau ke kiri. Maka sebaiknya Anda yang memiringkan badan Anda untuk menghadap pada bayi Anda. Dengan melakukan cara menyusui seperti ini Anda tidak perlu lelah menyangga tubuh bayi Anda.

Namun yang harus sangat diperhatikan adalah posisi payudara yang jangan sampai menutupi hidung anak Anda. Cara menyususi seperti ini sebaiknya Anda lakukan pada saat Anda terjaga, jika Anda merasa sangat mengantuk sebaiknya Anda menyusui dengan posisi duduk. Dengan cara memposisikan bantal di pangkuan Anda lalu meletakkan bayi Anda di atas bantal. Hal ini dapat dilakukan dengan bersender, cara ini akan mengurangi resiko bayi tertindih oleh payudara.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × three =

%d bloggers like this: