Tips Memilih Mainan Untuk Bayi

Loading...

Bukan hanya anak – anak yang membutuhkan mainan, pada usia yang baru menginjak beberapa bulan. Anak juga sudah dapat dipilihkan mainan yang sesuai dengan umurnya. Walaupun pada masa ini bayi belum mengerti akan kegunaan mainan, namun rasa ingin memegang dan meraih benda – benda yang berada di dekatnya sudah timbul. Selain itu, memberikan mainan juga dapat membuat bayi menjadi lebih aktif.

Tips Memilih Mainan Untuk Bayi

Fungsi utama dari memberikan mainan pada bayi adalah untuk dapat merangsang panca indra mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan pemberian mainan yang memiliki ragam warna. Mainan juga dapat membujuk bayi yang sedang rewel. Selain itu, pada masa ini bayi juga sangat suka memasukan segala macam benda ke dalam mulutnya. Maka sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu saat akan memberikan bayi Anda mainan.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih mainan untuk bayi :

Mainan yang menghasilkan bunyi
Salah satu mainan yang dapat Anda berikan pada anak adalah mainan yang dapat menghasilkan bunyi. Mainan ini juga dapat Anda tempatkan di atas tempat tidur bayi Anda yang akan merangsang indra pendengaran dan indra penglihatan bayi. Sebaiknya Anda tidak mengantung mainan ini terlalu jauh dari jangkauan mereka, sesekali biarkan mereka memegang mainannya.

Mainan dengan tekstur berbeda
Selain dengan menggunakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi, Anda juga dapat memberikan mainan yang mempunyai bentuk serta memiliki tekstur yang berbeda. Hal ini berguna untuk dapat merangsang indra perabanya. Anda juga dapat membelikan mainan yang sesuai dengan jenis kelamin anak.

Mainan untuk digigit
Pada masa ini anak selalu mencoba memasukan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Anda dapat memberikan anak mainan yang memang gunanya untuk menggigit. Hal ini biasanya selalu terjadi pada saat anak akan mulai tumbuh gigi. Namun perhatikan bahan yang terkandung pada mainan, dimana hal ini sangat penting guna mencegah penyakit masuk dalam sistem percernaannya.

Mainan dengan bentuk favorit
Usahakan juga untuk memilih jenis mainan yang sesuai dengan keinginan anak misalnya saja jika Anda membelikan boneka untuk bayi laki-laki, Anda dapat memilih bentuk seperti bentuk mobil, bola atau juga bentuk berbagai macam binatang dengan ukuran sedang. Sedangkan untuk anak perempuan Anda dapat memilih bentuk boneka yang lebih feminim. Dengan menggunakan mainan Anda juga dapat mengajak anak bermain sesekali walaupun anak belum dapat merespon dengan baik tetapi indra penglihatan dan pendengarannya dapat terlatih dengan Anda sering melakukan hal ini.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 8 =

%d bloggers like this: