Tips dan Tata Cara Memotong Kuku Bayi

Loading...

Untuk tetap menjaga kuku serta kesehatan tubuh bayi, sebaiknya Anda selalu memperhatikan kebersihan kuku anak Anda dengan cara memotongnya dengan teratur. Namun beberapa anak akan merasa risih pada saat Anda akan memotong kukunya.

Tips dan Tata Cara Memotong Kuku Bayi

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam memotong kuku bayi Anda :

Gunakan Alat Pemotong Kuku yang Khusus
Untuk memberikan kenyaman pada saat memotong kuku bayi sebaiknya Anda menggunakan alat pemotong kuku yang khusus dibuat untuk bayi. Hal ini juga berguna untuk dapat menyesuaikan bentuk dari potong kuku pada kuku bayi yang kecil. Selain itu, ada baiknya jika Anda membersihkan seluruh peralatan sebelum akan membersihkan kuku bayi Anda.

Lakukan Pada Waktu-Waktu yang Tepat
Bayi biasanya sulit untuk duduk diam dalam waktu yang cukup lama, biasanya juga bayi akan menolak pada saat akan dipotong kukunya. Sebaiknya Anda memotong kuku bayi Anda pada saat mereka tenang atau pada saat mereka tertidur. Dengan posisinya yang tenang biasanya Anda akan dapat melakukan kegiatan ini dengan lebih cepat dan juga lebih leluasa. Selain pada saat bayi tertidur, waktu lainnya yang tepat digunakan untuk memotong kuku adalah pada saat setelah mandi. Pada saat ini, kuku akan lebih lunak dan akan lebih mudah untuk dipotong.

Usahakan Ada Penerangan yang Cukup
Jika Anda akan memotong kuku bayi sebaiknya Anda menggunakan penerangan yang cukup. Hal ini adalah salah satu faktor yang paling penting, karena dengan penerangan yang cukup resiko terluka pada saat memotong kuku dapat dikurangi. Hal ini juga dapat membantu Anda lebih leluasa untuk memotong kuku bayi.

Tata Cara Memotong Kuku yang Baik
Bagi sebagian ibu masih ada yang cukup kesulitan untuk memotong kuku anak, ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah ketika Anda takut untuk memotong kukunya dengan alasan takut melukainya.

Berikut ini merupakan beberapa tata cara memotong kuku bayi dengan aman :

– Yang dapat Anda lakukan untuk tahap pertama yakni dengan memegang tangan mungil bayi Anda. Lalu arahkan bagian jari tangan bayi Anda ke arah depan dan tahan dengan lembut buku-buku jarinya. Hal ini dilakukan agar kukunya mengarah ke bagian atas yang dapat memudahkan Anda untuk mengguntingnya.

– Anda dapat menyiapkan gunting kuku yang tajam yang dapat digunakan khusus untuk bayi. Usahakan untuk tidak memotong yang diposisikan terlalu dekat dengan bagian kulit karena hal ini dapat beresiko luka pada jari bayi Anda.

– Sebaiknya Anda memotong kuku secara perlahan dapat dimulai dari sisi bagian depan sampai ujung kuku.

– Usahakan untuk tidak memotong kuku terlalu pendek atau juga dipotong masih dalam keadaan yang masih panjang.

– Pada saat Anda memotong kuku bayi sebaiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu tisu atau alas lainnya di bagian bawah tangan bayi yang berguna agar pada saat selesai Anda dapat membersihkannya sampah dari potongan kuku dengan lebih mudah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 7 =

%d bloggers like this: