Tips Dalam Memandikan Bayi

Loading...

Bagi sebagian bayi, mandi merupakan waktu yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Dengan memandikan bayi sendiri Anda juga akan mendapatkan kedekatan emosional dengan bayi Anda. Namun mandi juga harus dilakukan dengan hati – hati karena dengan cara yang salah maka kegiatan ini juga dapat berakibat fatal untuk buah hati Anda. Maka dari itu juga sangat diperlukan pengetahuan agar kegiatan ini menjadi lebih mengasyikan.

Tips Dalam Memandikan Bayi

Sangat penting untuk selalu mengawasi anak pada saat mandi, jangan pernah meninggalkan anak sendirian di dalam kamar mandi tanpa pengawasan. Jika ada keperluan yang sangat mendesak sebaiknya Anda tetap membawa anak Anda. Bukan itu saja, sebelum Anda akan memandikan anak Anda sebaiknya untuk terlebih dahulu menyiapkan segala peralatan mandi.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memandikan bayi yang perlu Anda ketahui :

1. Penting untuk memastikan bahwa kondisi temperatus udara di dalam kamar mandi tidak terlalu dingin. Hal ini dapat dilakukan untuk mencegah anak kedinginan.

2. Pahami juga tata cara memandikan bayi yang benar. Hal ini berguna untuk menghindarkan bayi Anda kemasukan air di bagian telinga atau mulutnya.

3. Usahakan jangan meletakkan bayi Anda pada dalam bak tanpa pengawasan. Hal ini menghindari bayi tergelincir dan tenggelam.

4. Sebaiknya Anda menggunakan bak yang terbuat dari bahan yang tidak terlalu licin. Anda juga dapat melengkapinya dengan alas kaki yang terbuat dari bahan karet agar lebih menjaga keamanan buah hati saat berada di dalam bak.

5. Sebaiknya Anda juga memandikan bayi Anda menggunakan air yang hangat. Setidaknya suhu air yang digunakan sekitar 36 sampai dengan 37 derajat celcius.

6. Anda juga dapat mengisi bak mandi anak dengan ketinggian yang tidak melebihi dari pinggangnya. Hal ini ditujukan agar anak yang mandi menggunakan bak tidak akan tenggelam saat anak duduk di dalam bak mandinya.

7. Sebaiknya Anda mengajari bayi Anda untuk mandi dengan posisi duduk di dalam bak. Usahakan pula untuk tidak berdiri karena hal ini akan dapat mengakibatkan anak terpeleset.

8. Anda juga harus memperhatikan penggunaan sabun serta sampo yang cocok untuk kulit bayi Anda. Penggunaan sabun dan juga sampo yang tidak sesuai dengan kulit bayi akan dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering dan kusam. Selain itu, penggunaan produk yang salah juga dapat menjadikan iritasi sampai dengan infeksi yang dapat diderita anak Anda.

9. Sebaiknya juga jangan izinkan anak untuk menyentuh keran air terutama keran air panas. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan anak terjatuh lalu tertimpa benda yang menjadi pegangannya. Anda tentu mengetahui jika terjatuh dalam posisi ini dapat menimbulkan luka yang serius pada anak Anda.

10. Anda juga harus menjauhkan anak dari segala peralatan yang mengandung arus listrik yang mempunyai tegangan listrik yang kuat contohnya saja seperti pengering rambut. Jauhkan pula anak dari benda-benda yang memiliki arus listrik karena dapat berakibat fatal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 13 =

%d bloggers like this: